Nih Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah Yang Wajib Anda Tahu!

Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah, mungkin masih banyak diantara kita yang masih belum begitu memahami. Nah, mungin Anda juga bertanya-tanya kenapa zakat fitrah itu harus berupa bahan makanan pokok penduduk di suatu Negeri tertentu. Ya, jika difikir-fikir memang sedikit mengundang tanda tanya di benak kita. Tapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya tujuan mengeluarkan zakat fitrah itu sungguh luar biasa. Apa saja sih? So, simak berikut penjelasan rincinya Pemirsa!

1. Penyempurna Ibadah Puasa & Membersihkan Diri


Nah, untuk tujuan mengeluarkan zakat fitrah yang pertama yakni sebagai penyempurna ibadah puasa di bulan Ramadhan kita. Bagaimana tidak, selama satu bulan kita semua sudah digembleng untuk menahan hawa nafsu dan kemudian disempurnakan dengan membayarkan zakat fitrah. Adapun bentuk pembayaran zakat fitrah ini megandung makna tersirat yakni, sebagai bentuk pembersihan diri untuk kembali kepada hati yang fitri atau bersih dan suci. Sehingga, diibaratkan yang telah melaksanakan zakat fitrah ini bagaikan seorang yang bersih tanpa dosa. Nah, sungguh luar biasa bukan? Begitu besarnya Ke-Agungan dan Ke-Esaan-Nya yang harus kita syukuri.
Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah
(source img : nu.or.id)

2. Kesejahteraan Sosial 


Adapun untuk tujuan mengeluarkan zakat fitrah yang selanjutnya adalah untuk mensejahterakan saudara kita atau golongan mustahiq zakat, agar terbantu beban mereka. Apalagi, mereka yang dari orang-orang fakir dan miskin sangat membutuhkan uluran tangan berupa bantuan guna meringankan bebannya.

Inti dari zakat fitrah disini, sebenarnya tidak hanya terbatas untuk mengeluarkan harta kita. Melainkan sebuah cerminan pada diri seseorang untuk terbiasa memiliki karakter peduli dan saling menolong terhadap sesama. Zakat fitrah ini juga bisa lo, dinilai sebagai bentuk ibadah sosial yang mana di samping Anda melaksanakan perintah-Nya, Anda juga dapat memberikan manfaat kepada sesama. 

Bagaimana sungguh luar biasa bukan?


Jikalau Umat Islam mampu mengelola hasil zakat  dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan akan terwujud kehidupan masyarakat yang sejahtera. Selain itu, etos kerja akan muncul dengan sendirinya. Sebab, Umat Islam akan berusaha untuk mencari nafkah atau rezeki yang halal. Oke, sekian artikel dari kami tentang Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah. Semoga bermanfaat bagi kalian semuanya Pemirsa yang dirahmati Allah SWT. 

0/Post a Comment/Comments