Memahami Ketentuan Zakat Fitrah, Untuk Menyempurnakan Ibadah Anda!

Ketentuan Zakat Fitrah – Salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai seorang Muslim adalah membayarkan zakat fitrah, sebagai bentuk pelaksanaan Rukun Islam yang ke tiga. Tentu dalam hal ini Anda perlu memahami ketentuan zakat fitrah, agar amal ibadah Anda di bulan suci Ramadhan memperoleh pahala yang berlimpah. Nah, untuk itu Anda perlu memahami betul apa saja syarat-syarat dan ketentuan zakat fitrah, mana yang wajib dan tidak wajib. Berikut ini ketentuan zakat fitrah yang harus Anda pahami, agar pelaksanaan membayar zakat fitrah Anda menjadi sempurna.

Ketentuan Zakat Fitrah

Syarat Wajib Zakat Fitrah


1. Islam

Syarat mutlak seseorang diwajibkan untuk membayar zakat fitrah adalah, seorang yang beragama Islam. Adapun selain itu maka tidak wajib membayar zakat fitrah. Jadi, Muslim menjadi keharusan sebagai syarat seseorang tersebut wajib untuk membayar zakat fitrah.

2. Ada Sebelum Terbenam Matahari Pada Hari Penghabisan Bulan Ramadhan


Maka, apabila ada anak yang lahir sesudah terbenam matahari, maka Ia tidak wajib untuk dizakati / membayar zakat. Sebab, pada intinya seseorang dikenai kewajiban untuk membayar zakat adalah ketika ada atau bertemu dengan akhir bulan Ramadhan.
Memiliki Kelebihan Makanan Untuk Dirinya Sendiri dan Untuk Orang Yang Harus Dinafkahi Pada

3. Akhir Bulan Ramadhan


Maka apabila ada seseorang yang pada akhir bulan Ramadhan tidak memiliki kelebihan makanan pada malam takbir dan pada siang hari pada hari raya Idhul Fitri, maka seseorang tersebut tidak dikenai kewajiban untuk membayar zakat. Meskipun orang tadi telah memenuhi untuk syarat nomor 1 dan 2.

Orang yang Tidak Wajib Membayar Zakat Fitrah


Nah, untuk kali ini masuk pada ketentuan zakat fitrah bagi mereka yang tidak wajib membayar zakat. Kira-kira siapa saja ya? Berikut simak ulasannya!

1. Seseorang yang meninggal dunia sebelum matahari terbenam pada penghabisan bulan Ramadhan. Namun, dalam hal ini lebih baik dikeluarkan zakatnya sebagai bentuk kehati-hatian.

2. Anak yang lahir setelah terbenamnya matahari pada akhir bulan Ramadhan.

3. Seseorang yang baru masuk Islam setelah matahari terbenam pada penghabisan bulan Ramadhan.

Nah, demikianlah artikel dari kami mengenai sebagian pembahasan dari ketentuan zakat fitrah. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya para Pembaca. Dan, selamat menunaikan ibadah zakat fitrah dan semoga diterima oleh Allah SWT.

0/Post a Comment/Comments