Cara Membuat Tom Kha Gai Yang Lezat dan Mudah

IDWARTA.com - Makanan yang satu ini namanya sudah mendunia dan banyak dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Ya, namanya Tom Kha Gai. Tom Kha Gai merupakan masakan kuliner yang berasal dari Thailand.

Makanan yang satu ini memiliki kelezatan yang mana jika orang mencicipinya akan ketagihan ingin makan lagi dan lagi. Tom Kha Gai mempunyai citarasa yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

Cara Membuat Tom Kha Gai Lezat

Nah, kali ini kita akan membahas tentang masakan khas Thailand yaitu  Tom Kha Gai. Tom Kha Gai merupakan sup ayam santan dengan citarasa yang gurih tentunya sangat cocok untuk lauk atau menu makanan sehari-hari. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa saja resep dan bagaimana cara membuat Tom Kha Gai, yuk kita simak dibawah ini.

Bahan-bahan yang harus disiapkan


5 ons daging ayam tanpa tulang dan kulit
8 ons irisan jamur ( jamur shitake atau jamur kancing ), kacang polong , paprika ( iris kecil-kecil )
1 buah bawang merah lalu potong dadu
¼ lengkuas
¼ jahe ( iris tipis )
1-2 cangkir kaldu ayam ( air dari rebusan ayam )
1-2 batang serai
3 biji cabai merah besar
8 lembar daun jeruk
50 ml air santan
1 ½ sendok teh garam
3 sendok makan kecap ikan
Air secukupnya

Cara Membuat Tom Kha Gai


Pertama rebus terlebih dahulu daging ayam sekitar kurang lebih 7-10 menit, setelah matang kemudian tiriskan. Setelah daging ayam tidak terlalu panas, suwir daging ayam sesuai selera.

Kemudian siapkan panci yang berisi air kaldu rebusan ayam tadi sekitar 1-2 cangkir, kemudian masukkan santan, masukkan juga bumbunya seperti ( bawang merah, lengkuas, jahe ) dan juga garam lalu aduk secara merata.

Setelah itu masukkan isi sup seperti daging ayam, irisan jamur, kacang polong dan paprika. Kemudian tambahkan juga kecap asin, serai yang sudah digeprek dan juga daun jeruk. Lalu tambahkan air secukupnya. Masak kurang lebih sekitar 10-15 menit. Tom Kha Gai telah matang dan siap disajikan dalam mangkok.

Tips Penyajian Tom Kha Gai


Setelah Tom Kha Gai matang bisa langsung disantap dengan nasi putih hangat dan bisa juga ditambahkan perasan jeruk nipis. Selain itu, agar penyajiannya lebih nikmat bisa juga ditambahkan dengan taburan bawang goreng dengan lauk kerupuk bawang atau emping. Dijamin rasanya makin mantap.

Cukup mudah sekali cara memasak Tom Kha Gai, tidak ada salahnya jika anda mencoba menu masakan khas Thailand ini sebagai alternatif menu masakan sehari-hari. Selamat mencoba.

0/Post a Comment/Comments