Cara Mengupas Kulit Telur Rebus Dengan Mudah

IDWARTA.com - Telur merupakan salah satu bahan masakan yang menjadi favorit sebagian besar orang di Indonesia. Selain harganya yang murah keberadaannya pun juga mudah di jangkau. Selain itu telur juga memiliki kandungan gizi yang cukup banyak.

Telur rebus bisa dinikmati dan diolah menjadi aneka masakan lezat seperti misalnya telur balado, campuran pada masakan sop, pelengkap salad dan lain sebagainya. Tak heran jika telur menjadi makanan favorit banyak orang karena rasanya yang gurih dan nikmat.

Tetapi yang menjadi masalah yaitu cara mengupas kulit telur rebus ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Kesulitan ketika membuka kulit telur rebus bisa membuat tampilannya menjadi tidak menarik, hancur dan tidak bulat utuh. Bahkan terkadang masih ada kulit yang menempel pada permukaan telur sehingga akan ikut termakan.

Apalagi jika ada acara hajatan atau acara besar dirumah sehingga harus memasak telur rebus dalam jumlah yang banyak. Yang menjadi tantangan yaitu ketika mengupas telur rebus satu persatu tentu harus dengan kesabaran.


Agar supaya telur rebus bisa dikupas sempurna menjadi bulatan utuh dan tidak hancur, ada beberapa cara yang harus kalian perhatikan. Berikut ini cara mengupas kulit telur rebus dengan mudah. Yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

1. Dahulukan telur yang usianya lebih lama


Ketika kalian ingin merebus telur dan masih ada stok di kulkas, lebih baik dahulukan stok telur yang usianya lebih lama disimpan ( bukan telur busuk ). Karena telur yang sudah lama disimpan akan lebih mudah untuk dikupas.

Untuk mengetahui telur yang masih baik atau sudah busuk kalian bisa mencoba mengocoknya. Jika isinya masih terasa padat berarti telur masih dalam kondisi baik. Tetapi jika ada sesuatu yang bergerak didalamnya berarti telur sudah tidak layak untuk dimakan.

2. Rebus air sampai mendidih


Rebuslah air terlebih dahulu sampai mendidih. Kemudian celupkan telur secara perlahan. Ketika air dalam kondisi meletup-letup rebus telur selama 30 detik. Kemudian kecilkan api agar suhu air turun sedikit demi sedikit. Lalu lanjutkan merebus telur selama kurang lebih 10 menit atau sesuai tingkat kematangan yang kalian inginkan.

3. Rendam menggunakan air dingin


Cara mengupas telur rebus selanjutnya yaitu rendam menggunakan air dingin. Ketika selesai merebus telur jangan langsung mengupasnya. Siapkan terlebih dahulu wadah atau baskom yang berisi air dingin lalu celupkan telur yang direbus tadi sekitar 5-15 menit.

Ketika telur sudah terasa dingin, kalian bisa memulai untuk mengupasnya. Tujuan dari merendam telur rebus kedalam air dingin yaitu untuk membantu memudahkan mengupas kulit telur rebus.

4. Mengupas kulit telur rebus di bawah air mengalir


Kalian bisa mencoba cara yang satu ini yaitu dengan mengupas kulit telur rebus dibawah air mengalir. Caranya yaitu aliri telur rebus yang akan dikupas dibawah air mengalir dan mulailah mengupas secara perlahan. Kalian bisa memanfaatkan garpu atau sendok untuk meretakkan cangkang kulit telur supaya lebih mudah ketika dikupas.

5. Menggunakan sendok


Sendok juga bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk mengupas kulit telur rebus. Caranya cukup mudah yaitu retakkan sedikit kulit telur bagian atas lalu kupas sedikit menggunakan tangan. Kemudian masukkan sendok pada sela-sela kulit telur sampai melingkar sesuai lengkungan telur lalu tarik ke luar sampai kulit telur terkelupas. Lakukan hal yang sama pada kulit telur yang belum terkelupas.

6. Masukkan kedalam baskom atau wadah plastik


Cara mengupas kulit telur rebus yang terakhir yaitu masukkan kedalam baskom atau wadah plastik. Cara yang satu ini cukup efisien dan bisa kalian lakukan jika jumlah telur yang akan dikupas cukup banyak.

Caranya yaitu masukkan semua telur rebus yang akan dikupas kedalam wadah plastik yang tertutup lalu kocok perlahan hingga terlihat keretakan pada kulit telur. Kemudian kalian bisa memulai mengupasnya dengan mudah satu per satu.

Itulah beberapa cara mengupas kulit telur rebus dengan mudah yang bisa kalian coba praktekkan dirumah. Semoga bermanfaat.

0/Post a Comment/Comments