Untuk Mencegah Rambut Beruban Lakukan Kebiasaan Ini

IDWARTA.com - Seiring bertambahnya usia laki-laki maupun perempuan akan mengalami yang namanya rambut putih atau beruban. Hal ini menjadi momok tersendiri bagi mereka baik laki ataupun perempuan.

Meskipun demikian, bertambahnya usia bukan menjadi satu-satunya penyebab tumbuhnya rambut beruban. Beberapa hal dan kebiasaan lain dapat memicu tumbuhnya rambut beruban bahkan pada usia muda.

Tetapi semua orang pasti akan mengalami rambut memutih atau beruban yang tidak bisa dihindari kapanpun kemunculannya. Tetapi ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mencegah dan memperlambat tumbuhnya uban diusia muda. Yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.


Beberapa kebiasaan untuk mencegah tumbuhnya rambut beruban


1. Hindari paparan sinar matahari


Radikal bebas yang berasal dari sinar UV dan polusi udara tidak hanya bisa berpotensi untuk merusak rambut saja tetapi juga dapat mempercepat proses penuaan dini.

Ketika antioksidan didalam tubuh tidak cukup untuk melawan radikal bebas, sehingga terjadilah berbagai masalah kesehatan bahkan penuaan dini. Jadi kurangilah terkena paparan sinar matahari dan ciptakan lingkungan yang bersih  supaya terhindar dari polusi.

2. Hindari stres


Stres menjadi salah satu penyebab timbulnya uban. Jika fikiran anda terlalu stres maka akan mempercepat pertumbuhan rambut jadi rambut putih akan lebih cepat muncul.

Pada kasus yang parah, stres dapat menyebabkan inflamasi sistemik dengan membunuh sel pembentuk melanin pada rambut. Sehingga anda harus bisa mengelola stres dengan baik agar supaya tidak cepat tumbuh uban dirambut.

3. Tidak merokok


Selain tidak baik untuk kesehatan, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan anda cepat tua lho. Dengan merokok dapat mempercepat penuaan pada kulit dan rambut.

Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa para perokok memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih besar mengalami rambut beruban lebih awal jika dibandikan dengan mereka yang tidak merokok sama sekali. Jadi lebih baik berfikir ulang ketika ingin merokok karena selain tidak baik untuk kesehatan juga membuatmu akan lebih cepat menua.

4. Pola makan yang sehat


Pola makan yang sehat dan bergizi seimbang juga sangat dibutuhkan untuk memenuhi asupan nutrisi pada tubuh. Makanan dengan gizi seimbang misalnya terdiri dari karbohidrat, protein dan mineral yang juga dapat membantu proses pertumbuhan pada rambut.

Apabila asupan nutrisinya kekurangan mineral dan vitamin B6, B12 dan D dapat memicu tumbuhnya rambut beruban. Anda juga bisa menambahkan dalam makanan sehari-hari yang mengandung antioksidan untuk membantu mencegah dan melawan radikal bebas.

5. Gunakan produk perawatan rambut yang aman


Gunakan produk perawatan rambut yang aman, karena kandungan bahan-bahan yang terdapat pada perawatan rambut terutama cat rambut dapat memicu tumbuhnya rambut uban atau putih.

Misalnya kandungan Hidrogen peroksida yang terdapat pada cat rambut dapat menurunkan jumlah melanin pada rambut. Lebih baik gunakan cat rambut secukupnya saja, jangan berlebihan karena dapat menimbulkan rambut beruban.

6. Rutin periksa ke dokter


Rutin memeriksakan diri ke dokter minimal satu bulan sekali untuk mengecek kondisi kesehatan. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini penyakit agar supaya bisa lebih cepat diobati.

Ada beberapa penyakit yang menyebabkan rambut putih muncul lebih awal yaitu seperti gangguan autoimun dan tiroid.

Jika anda mengalami rambut beruban muncul lebih awal tanpa mengetahui apa penyebabnya dan disertai gejala yang mengkhawatirkan, lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter.

Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mencegah rambut beruban yaitu dengan memulai gaya hidup sehat. Yuk selagi muda lakukan hal kecil yang berdampak baik untuk kesehatan dan berperilaku gaya hidup sehat salah satunya untuk mencegah tumbuhnya rambut beruban. Semoga bermanfaat.

0/Post a Comment/Comments