Simak Cara Mengurus Balik Nama Dokumen Mobil Bekas Sendiri

IDWARTA.com - Ketika anda membeli mobil bekas, tentu ingin sekali mengurus balik nama dokumen mobil bekas sendiri agar nama yang tertera menjadi nama anda sendiri. Bahkan itu suatu hal yang cukup menjadi prioritas utama. Agar dikemudian hari bisa mempermudah anda dalam mengurus baik itu perpanjangan STNK dan ganti plat lima tahunan. Perpindahan kepemilikan mobil ini dikarenakan tuntasnya transaksi jual beli atau warisan.

Kebanyakan pemilik mobil bekas cukup pesimis ketika ingin mengurus balik nama, mengingat biasanya memakan waktu relatif lama dan prosesnya cukup sulit, serta biaya balik nama yang tak sedikit. Faktor itulah yang membuat mereka menjadi malas mengurusnya.

Namun bila anda telah memahami proses mengurus balik nama dokumen mobil bekas sendiri pasti mudah. Selain menjadi lebih terjamin dan bisa meminimalisir pengeluaran biaya karena anda tidak perlu membayar biro jasa. Berikut di bawah ini 5 kelengkapan untuk mengurus balik nama dengan mudah dan benar.

Cara Mudah Mengurus Balik Nama Mobil Bekas Sendiri


  1. Fotokopi KTP anda sebagai pemilik baru dari mobil yang anda beli tersebut.
  2. BPKB asli mobil disertai dengan beberapa salinan fotokopi.
  3. STNK asli mobil disertai dengan beberapa salinan fotokopi.
  4. Kuitansi jual beli mobil bekas yang telah dibubuhi materai Rp 6000 serta tanda tangan asli, disertai pula dengan beberapa fotokopi.
  5. Hasil cek fisik mobil bekas tersebut. Bukti ini biasanya didapatkan di Samsat.
Selain kelengkapan di atas yang perlu anda persiapkan, setelah itu adalah

Cara Mengurus Balik Nama Dokumen Mobil Bekas


Mengurus pergantian nama dokumen kepemilikan kendaraan ini harus dilakukan di kantor Samsat terdekat. Jangan lupa bawa kelengkapan surat-surat seperti yang telah di jelaskan di atas serta bawa juga kendaraan anda untuk diurus pergantiannya. Berikut di bawah ini tahapan mengurus balik nama dokumen mobil bekas yang benar dan tepat.
  1. Lalukan cek fisik mobil anda yang lokasinya sudah ditentukan di area kantor Samsat.
  2. Selalu ikuti arahan yang diberikan oleh petugas Samsat.
  3. Parkirkan mobil bekas anda, dan nantinya petugas akan mengecek nomor rangka serta nomor mesin lalu menggosok stiker khusus yang telah ditempelkan sebelumnya.
  4. Setelah proses cek fisik selesai, petugas akan memberikan formulir yang dapat anda isi sesuai dengan data pada STNK dan kemudian anda menuju loket.
  5. Seusainya anda mengisi data, serahkan formulir dan STNK asli ke petugas yang ada di loket, tunggulah hingga proses pengecekan data selesai.
  6. Setelah proses pengecekan seluruh data selesai, nanti akan dipanggil sesuai dengan nama yang tertera di STNK. Selanjutnya anda langsung bawa berkas tersebut ke gedung kantor utama Samsat.
  7. Serahkan bukti cek fisik serta STNK dan BPKB asli disertai fotokopi, fotokopi KTP anda sebagai pemilik baru mobil tersebut, dan selipkan juga kuitansi jual beli ke petugas.
  8. Setelah seluruh pengecekan berkas selesai, ambil kembali berkas anda lalu berikan ke loket khusus. Bila tidak tahu lokasinya bisa ditanyakan ke petugas.
  9. Kemudian serahkan berkas ke  loket khusus yang nantinya anda akan mendapatkan lembaran tagihan untuk dibayar sesuai nominal yang tertera itu ke loket pertama.
  10. Setelah anda mendapatkan bukti cap lunas pembayaran. Maka STNK anda akan diberikan.
  11. Tinggal selanjutnya proses balik nama dokumen mobil bekas yang dilakukan di kantor Polda setempat dengan membawa STNK asli dengan tertulis nama anda.
Ingat, setelah proses semua pengurusan balik nama kendaraan sudah selesai simpan baik-baik dokumen tersebut.

Mengapa harus melakukan Balik Nama Kendaraan?


Bila mobil bekas anda sudah di balik nama dan sudah tertulis jelas nama anda pasti nantinya dikemudian hari mudah dalam pengurusan seperti perpanjangan STNK. Anda tidak perlu lagi pinjam KTP pemilik lama asli kendaraan untuk proses perpanjangan STNK di setiap tahunnya. 

Tentu hal ini cukup merepotkan sekali anda setiap tahun harus mondar-mandir pinjam KTP pemilik lama mobil tersebut bila belum anda balik nama. Apalagi nanti sudah waktunya ganti plat tiap lima tahun sekali, tentu akan rumit. Itulah mengapa anda harus melakukan balik nama kendaraan? 

Estimasi Biaya atau Tafsiran Biaya Untuk Proses Balik Nama Kendaraan

Biaya Proses Balik Nama Mobil Bekas

Perlu diingat bahwa biaya balik nama kendaraan disetiap daerah memiliki nominal yang berbeda-beda. Dengan perincian sebagai berikut :
  • Biaya pengesahan hasil cek fisik kendaraan Rp 30.000,-
  • Pendaftaran balik nama STNK Rp 30.000,-
  • Biaya pendaftaran balik nama BPKB Rp 100.000,-
Diketahui ketiga biaya di atas itu masih biaya non pajak saja. Sementara untuk biaya pajak kira-kira harus anda bayarkan antara lain :
  • Bea Balik Nama (BBN) 2/3 dari jumlah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-Lintas Jalan (SWDKLLJ) sekitar Rp 35.000,-.
  • Administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) sekitar Rp 30.000,-.
Semoga informasi terkait cara mengurus balik nama mobil bekas sendiri di atas bermanfaat untuk anda dan bisa menambah wawasan anda dalam, bagaimana cara yang benar mengurus balik nama kendaraan? 

0/Post a Comment/Comments