Ketahuilah Kebiasaan Kecil Ini Bisa Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

IDWARTA.com - Memiliki tubuh yang sehat dan ideal menjadi impian semua orang. Segala cara dilakukan agar supaya mendapatkan tubuh yang ideal. Banyak sekali produk-produk yang dijual dipasaran guna untuk melangsingkan tubuh.

Tetapi menurunkan berat badan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Semua cara dan metode diet dijalani hingga semua minuman teh herbal sudah dicoba. Namun ternyata angka ditimbangan tetap stagnan tidak ada perubahan.

Segala usaha telah dilakukan namun tidak memberikan hasil yang maksimal jika kita tidak menjadikannya sebagai bagian dari pola hidup kita sehari-hari. Lebih baik mulailah melakukan gaya hidup sehat untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Dengan melakukan kebiasaan kecil ini bisa menurunkan berat badan dengan cepat lho. Yuk kita simak kebiasaan apa saja yang harus kita lakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal berikut ini.

11 Kebiasaan Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami

1. Pastikan sarapan protein dipagi hari


Untuk memulai aktivitas harimu jangan lupa sarapan yang sehat. Lebih baik sarapan pagi dengan memperbanyak makanan yang mengandung protein. Selain rendah kalori, makanan yang mengandung protein akan memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain itu kalian juga bisa menyeimbangkan sarapan pagi dengan menambahkan aneka buah, yogurt atau oat dan lain sebagainya.

2. Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat


Jika kalian sedang menjalani program diet jenis makanan yang harus kalian kurangi yaitu makanan yang mengandung karbohidrat. Karena makanan yang mengandung karbohidrat akan sangat mudah di urai sehingga akan membuat kita cepat merasa lapar. Misalnya seperti nasi, sereal dan makanan yang mengandung gula.

Tetapi jangan khawatir, sebagai gantinya kalian bisa mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks. Misalnya seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, gandum dan lain sebagainya. Jenis makanan seperti ini akan membuatmu merasa kenyang lebih lama.

3. Diet bukan berarti tidak makan sama sekali


Kesalahan yang biasa dilakukan orang yang sedang menjalankan program diet yaitu tidak makan sama sekali. Ini merupakan suatu kesalahan yang paling umum dilakukan. Meskipun telah menjalani program diet, tubuh kita tetap membutuhkan nutrisi yang cukup.

Ketika kita tidak makan sama sekali, tubuh akan terasa sangat lapar dan ini yang menyebabkan kita balas dendam di keesokan harinya. Sehingga kita akan makan dalam porsi yang besar. Atau kemungkinan jika kita tidak makan sama sekali justru akan membuat tubuh menjadi lemas dan jatuh sakit.

4. Olahraga rutin


Olahraga merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk kesehatan tubuh. Jika sedang melakukan program diet jangan lupa untuk tetap melakukan olahraga secara rutin. Karena olahraga sangat berperan penting dalam mempercepat proses menurunkan berat badan.

Setidaknya lakukan olahraga minimal satu jam dalam sehari untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Misalnya bisa dengan olahraga berenang, jogging, yoga, kardio dan lain sebagainya.

5. Mengurangi porsi makan


Ketika kamu telah memutuskan untuk menjalankan program diet dengan mengurangi porsi makan ini merupakan hal yang wajar. Tetapi harus tetap ingat akan kepentingan kesehatan tetap harus dijaga. Dan kamu juga harus konsisten dengan porsi makan tersebut.

Jika sampai melewatkan waktu makan, dijadwal makan berikutnya jangan makan dalam porsi yang banyak sebagai gantinya. Hal ini justru akan membuat usaha dietmu sia-sia.

6. Lebih banyak mengkonsumsi makanan nabati


Ketika diet disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Sebagai pengganti asupan lemak dan protein dengan sumber makanan yang mengandung protein nabati.

Pada dasarnya makanan yang mengandung protein nabati yaitu makanan yang bersifat rendah kalori jadi sangat cocok untuk kalian yang sedang menjalani program diet. Misalnya seperti tahu, tempe, kacang-kacangan, alpukat dan lain sebagainya.

7. Lebih teliti dalam memilih camilan


Jika kalian mempunyai hobi ngemil, lebih telitilah dalam memilih camilan. Hindari makanan-makanan yang mengandung gula dan hindari seperti kripik kentang.

Lebih baik ganti camilanmu dengan yang lebih sehat serta rendah kalori, misalnya seperti salad, buah-buahan, yogurt dan lain sebagainya tanpa khawatir untuk gendut deh.

8. Banyak minum air putih


Kita harus memenuhi mineral didalam tubuh dengan memperbanyak minum air putih. Jika kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi maka tubuh akan terhidrasi dengan baik sehingga akan membantu sistem metabolisme dalam tubuh. Kalori pun akan semakin banyak yang dibakar.

Dalam sebuah study tahun 2008 dari Oakland Research Institute menyatakan bahwa porsi makan bisa berkurang hingga 13% ketika kita minum air putih sebanyak 500ml. Sehingga jika kita banyak minum air putih akan membuat kita merasa cepat kenyang saat makan.

9. Istirahat yang cukup


Istirahat yang cukup itu sangat diperlukan oleh tubuh setelah seharian melakukan aktivitas. Ketika kurang tidur maka tubuh akan melampiaskannya dengan meningkatkan nafsu makan ini yang membuat diet kalian sia-sia.

Tidur yang cukup bertujuan untuk menggantikan energi yang terbuang setelah seharian lelah melakukan aktivitas. Setidaknya sehari tidur delapan jam untuk membantu mempercepat penurunan berat badan kalian.

10. Selalu berfikir positif


Untuk memotivasi agar memiliki gaya hidup yang sehat coba kalian berfikir positif. Ketika kalian melakukan diet dengan tujuan dan berfikir positif misalnya agar supaya tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Ketika mempunyai keinginan memiliki badan yang kurus jangan sampai menjadi beban difikiran kalian. Karena jika kita selalu berfikir positif saat menjalani program diet maka tubuh akan semakin lebih sehat dan sebagai bonusnya berat badan akan turun.

11. Fokus ketika makan


Ketika sedang makan usahakan tidak melakukan sesuatu apapun walaupun sesibuk apapun kalian. Menurut studi pada tahun 2013 dari The American Journal Of Clinical Nutrition menyatakan bahwa jika kita tidak fokus ketika makan maka kita akan cenderung makan dalam jumlah banyak. Sehingga tanpa disadari jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh akan semakin banyak.

Jadi tinggalkan aktivitas apapun ketika makan termasuk smartphone kalian. Menikmati setiap makanan yang kalian makan dengan perlahan juga dapat membantu pencernaan dan membuat kalian merasa lebih kenyang meskipun jumlah makanannya sedikit.

Itulah beberapa kebiasaan kecil yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Mulailah berperilaku hidup sehat agar kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari penyakit, sebagai bonus berat badan akan turun. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

0/Post a Comment/Comments