Ketahuilah Bahaya Jika Terbiasa Duduk Dengan Kaki Menyilang

IDWARTA.com - Sering kali kita jumpai terutama para wanita yang lebih nyaman duduk dengan cara menyilangkan kakinya. Karena duduk dengan kaki menyilang bagi perempuan akan terlihat lebih elegan dan anggun.

Namun ternyata dibalik kebiasaan duduk dengan kaki menyilang dapat menimbulkan bahaya untuk tubuh. Mungkin jika kita terlalu lama duduk dengan menyilangkan kaki akan merasakan kesemutan, kram bahkan mati rasa.

Apalagi bagi anda sebagai pekerja kantoran yang sehari-hari menghabiskan waktu didalam ruangan dan secara tidak sadar atau sering melakukan duduk dengan kaki menyilang, maka anda akan beresiko terkena dampak bahaya dari duduk dengan menyilangkan kaki tersebut.

Dibawah ini ada beberapa penjelasan mengenai bahaya jika terbiasa duduk dengan kaki menyilang. Yuk mari kita simak sebagai berikut.

Bahaya Jika Terbiasa Duduk Dengan Kaki Menyilang


1. Dapat menyebabkan varises


Jika anda terbiasa duduk dengan menyilangkan kaki atau bersila maka dapat beresiko menyebabkan varises. Karena pada saat bersila kaki akan bertumpu dan menekan kaki yang lain sehingga aliran darah pada kaki akan terhambat sehingga dapat menyebabkan varises.

2. Meningkatkan tekanan darah tinggi


Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa duduk dengan menyilangkan kaki terutama menyilangkan kaki di area lutut akan beresiko meningkatkan tekanan darah.

Kondisi seperti ini disebabkan karena kaki dengan posisi menyilang akan menghambat peredaran darah ke jantung. Aliran darah dari kaki akan sangat sulit dipompa menuju ke jantung karena harus melawan gravitasi.

Tanpa kita sadari duduk dengan menyilangkan kaki akan membuat tubuh mengeluarkan banyak tenaga ekstra dengan meningkatkan tekanan darah supaya darah bisa mengalir ke jantung.

3. Menyebabkan nyeri punggung


Jika anda lebih nyaman duduk dengan menyilangkan kaki, tapi ketahuilah bahwa posisi tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan tulang belakang. Jika ini dilakukan secara terus menerus maka akan berdampak nyeri pada leher dan punggung.

Posisi lutut bagian atas akan menekan lutut bagian bawah, sedangkan panggul dalam kondisi membengkok sehingga akan mengakibatkan salah satu tulang panggul memutar sehingga akan memberikan tekanan pada punggung bawah hingga ke bagian leher.

Dalam sebuah penelitian dari National Health Service di Amerika Serikat mengatakan bahwa bahaya duduk dengan menyilangkan kaki yaitu dapat mengganggu kestabilan tulang belakang.

4. Berdampak negatif pada saraf kaki


Duduk dengan menyilangkan kaki dapat memberikan tekanan pada saraf peroneal di belakang lutut. Saraf peroneal merupakan saraf yang berfungsi untuk mengendalikan sensasi pada kaki bagian bawah.

Duduk dengan menyilangkan kaki dalam waktu yang lama akan menyebabkan rasa kram atau kesemutan. Meskipun kram dan kesemutan ini bersifat sementara. Jika dilakukan setiap hari secara terus menerus maka akan berdampak negatif pada saraf kaki.

5. Tidak seimbangnya beban pada panggul


Bahaya duduk dengan kaki menyilang selanjutnya yaitu tidak seimbangnya beban pada panggul, ini terjadi karena panggul menahan sebagian beban tubuh. Hal seperti ini bisa berakibat tulang panggul membengkok.

Menurut ahli jantung, sendi panggul yang tertekan dapat menyebabkan penggumpalan darah pada kaki. Sehingga akan rentan terhadap pembekuan darah dan pembengkakan pembuluh darah pada kaki bawah.

6. Infeksi jamur


Jika kita terbiasa duduk dengan menyilangkan kaki maka sirkulasi udara disekitar vagina akan terhambat. Hal ini bisa mengakibatkan tumbuhnya infeksi jamur di area vagina.

Apabila anda sebagai seorang pekerja dikantoran yang harus duduk seharian maka perhatikan cara duduk yang benar. Ketika duduk usahakan posisi kaki dalam keadaan lurus dan tidak menggantung. Usahakan kaki menyentuh ke lantai agar supaya tidak ada tekanan pada salah satu bagian kaki. Semoga bermanfaat.

0/Post a Comment/Comments