Makanan Ringan Ini Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak Dapat Berdampak Buruk

IDWARTA.com - Camilan atau makanan ringan menjadi salah satu makanan yang digemari banyak masyarakat Indonesia. Apalagi jika kita berbelanja ke mini market atau toko kelontongan jika ada uang sisa pasti akan menjajakannya dengan membeli camilan.

Misalnya seperti coklat, wafer, permen atau sejenis kripik kentang dan lain sebagainya. Tetapi tahukan kalian jika camilan yang sering kalian beli mengandung bahan-bahan yang berbahaya dan akan berdampak buruk jika terlalu banyak dikonsumsi.

Sebelum membeli camilan terlebih dahulu lihatlah komposisi yang tertera jika ada tulisan sakarin, sukralosa, aspartan, assesulfam K itu berarti makanan tersebut mengandung pemanis buatan.

Dibawah ini ada beberapa contoh makanan ringan jika dikonsumsi terlalu banyak dapat berdampak buruk. Yuk kita simak dibawah ini.

Dampak Buruk Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Ringan

1. Permen Gula


Camilan yang pertama yaitu permen gula. Jika kalian merupakan salah satu penggemar dari permen gula, pernahkah kalian merasakan iritasi pada bagian lidah setelah makan camilan tersebut.

Hal ini terjadi karena permen gula mengandung banyak sekali garam, pemanis buatan dan juga asam sitrat. Jika kalian tidak ingin terkena iritasi pada mulut lebih baik jangan terlalu sering mengkonsumsinya.

2. Coklat


Bagi kalian penggemar coklat, ada baiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi coklat. Karena kandungan kalori yang terdapat pada coklat ini cenderung lebih banyak sehingga jika kalian sering mengkonsumsinya bisa saja kalian mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

3. Keripik Kentang


Camilan kripik kentang dengan berbagai macam rasa akan membuat ketagihan setiap orang yang mengkonsumsinya. Pada kenyataannya keripik kentang ini tidak sepenuhnya berbahan dasar kentang melainkan terbuat dari campuran gandum, jagung, beras dan hanya sedikit kentang.

4. Permen karet


Camilan yang satu ini banyak digemari banyak orang karena dipercaya dapat meredakan rasa stres, yaitu permen karet. Padahal kenyataannya mengunyah permen karet terlalu lama dapat membuat asam lambung naik dan mengakibatkan sesak nafas.

Tidak hanya itu saja, kandungan sorbiton yang terdapat pada permen karet akan sulit dicerna oleh usus. Sorbiton merupakan pemanis buatan. Dan kemungkinan akan terjadi jika kalian terlalu sering mengkonsumsi permen karet akan terkena diabetes kronis.

5. Agar-agar


Semua orang pasti suka dengan makanan ringan yang satu ini, yaitu agar-agar namanya. Banyak sekali digemari oleh semua kalangan terutama yang dalam bentuk kemasan cup kecil. Pada kenyataannya agar-agar ini mengandung gelatin yang berdampak buruk terhadap tubuh kita.

Ada suatu kasus kejadian buruk pada tahun 2015 silam, dimana ada seorang anak kecil menekan agar-agar terlalu kencang sehingga tertelan tanpa dikunyah terlebih dahulu. Apabila kejadian ini terjadi kemungkinan akan mengalami sesak nafas yang bisa berujung kematian. Jadi mulai sekarang lebih berhati-hatilah dalam mengkonsumsi agar-agar.

Banyak sekali dampak buruk dari camilan yang sering kita makan jika dalam jumlah yang terlalu banyak. Harus lebih teliti dan berhati-hati dalam memilih makanan ringan, baca komposisi terlebih dahulu sebelum membelinya. Semoga bermanfaat.

0/Post a Comment/Comments