Cara Ampuh Perbaiki Pola Tidur Yang Tidak Teratur

IDWARTA.com - Kesibukan atau faktor usia seseorang menjadi pengaruh kesulitan saat tidur. Kondisi tertentu terkadang membuat waktu tidur berantakan misalnya ketika sibuk melakukan suatu pekerjaan, lembur atau sedang bepergian dengan zona waktu yang berbeda.

Kurangnya tidur pada saat malam hari biasanya akan di gantikan pada waktu siang hari, ini juga merupakan salah satu faktor penyebab perubahan pola tidur yang tidak teratur. Padahal hal seperti ini sangat tidak baik untuk kesehatan bahkan dapat menyebabkan tubuh tidak bisa bekerja secara optimal.

Pola tidur yang tidak teratur akan membuat tubuh menjadi tidak bugar keesokan harinya apalagi jika dilakukan secara terus menerus dan berkepanjangan. Jika sudah keluar dari jam tidur rutin, akan sulit untuk kembali lagi ke waktu semula.

Lalu berapakah jam waktu tidur ideal yang baik untuk kesehatan ?

Jam waktu tidur ideal yang baik untuk kesehatan tubuh yaitu 7 sampai 8 jam pada waktu malam hari dan sisanya untuk berjaga. Karena juga tidak baik jika tidur secara berlebihan.

Tidur yang cukup akan berdampak baik untuk kesehatan tubuh kita. Setelah seharian bekerja pasti semua organ tubuh merasa lelah seperti otak, hormon, kulit dan sistem metabolisme sehingga memerlukan waktu untuk istirahat.

Ketika kita tidur dalam waktu yang maksimal sel dalam tubuh akan ber-regenerasi dengan baik. Jadi jika kalian tidur sesuai dengan waktu yang telah dianjurkan maka kulit akan tampak lebih kencang dan sehat.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh akan meningkat karena sel dalam tubuh telah di perbarui. Sedangkan hormon melatonin berperan membantu meningkatkan sistem imun dan bekerja paling efektif pada saat gelap di malam hari ketika kita sedang tidur.

Cara Ampuh Perbaiki Pola Tidur Yang Tidak Teratur

Cara Ampuh Mengatasi Pola Tidur Yang Tidak Teratur

Tidur adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh manusia untuk memperoleh kesehatan tubuh yang optimal. Selain itu, istirahat yang cukup akan membantu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah.

Namun, ada beberapa faktor penyebab pola tidur seseorang terganggu misalnya seperti kerja lembur, kesibukan, stres, penyakit tertentu dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, kalian bisa memulai dengan menerapkan kebiasaan pola tidur tidak teratur menjadi lebih teratur. Dibawah ini ada beberapa cara untuk perbaiki pola tidur yang tidak teratur. Yuk mari kita simak penjelasannya sebagai berikut.

1.  Buat jadwal rutinitas tidur


Hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan membuat jadwal rutinitas tidur yaitu buat diri kalian merasa senyaman mungkin. Cari tahu dan atasi faktor yang menjadi pengganggu kalian ketika istirahat.

Kalian bisa mencoba menerapkan disiplin waktu pada saat tidur untuk mendapatkan pola tidur teratur yang baik untuk kesehatan.  Misalnya seperti tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya. Lakukan ini secara bertahap sehingga kalian akan terbiasa dengan tidur dan bangun pada jam yang sama.

2. Konsisten dengan pola tidur selama satu minggu


Konsisten merupakan salah satu kunci utama jika kalian ingin memperbaiki pola tidur. Kalian harus membuat durasi saat tertidur. Waktu ketika mulai tidur dan terbangun pada jam yang sama setiap harinya. Lakukan hal ini selama satu minggu dan jangan molor pada saat akhir pekan.

3. Jangan menekan tombol snooze di pagi hari


Jangan menekan tombol snooze atau menambah waktu tidur dipagi hari, dengan begitu maka pola tidur kalian akan mengalami perubahan. Seiring dengan berjalannya waktu siklus terjaga akan berubah sehingga secara otomatis akan terjadi pergeseran waktu tidur.

Apabila kalian sedang memperbaiki pola tidur tidak teratur menjadi lebih teratur. Ketika mendengar bunyi alarm usahakan jangan menunda untuk bangun, itu berarti akan membuat usaha kalian tidak efektif dan sia-sia.

4. Mematikan semua alat elektronik


Cara perbaiki pola tidur tidak teratur selanjutnya yaitu matikan semua alat-alat elektronik 1,5 jam sebelum tidur seperti tablet dan telepon seluler. Jika kalian terbangun di tengah malam, usahakan jangan menyalakan ponsel karena cahaya yang dipancarkan dapat menurunkan produksi hormon melatonin yang membuat tidur kalian menjadi terganggu.

5. Buatlah lingkungan ruang tidur menjadi lebih nyaman


Hilangkan suara kebisingan baik dari dalam atau luar lingkungan rumah. Hindari suara berisik seperti suara kipas angin atau suara mesin. Untuk meminimalisir kebisingan kalian bisa menggunakan alat bantu seperti earplug.

Usahakan suhu ruangan tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas karena dapat mempengaruhi kualitas tidur kalian. Pertahankan suhu ruangan yang sejuk dan pastikan kalian tidur dalam posisi yang nyaman.

6. Buatlah kamar tidur gelap pada malam hari dan terang pada pagi hari

Kamar Tidur Gelap dan Terang

Usahakan pencahayaan kamar tidur gelap pada malam hari dan terang pada pagi hari. Jika kalian ingin memperbaiki waktu tidur pada malam hari, kurangi paparan cahaya yang berasal dari lampu ataupun layar komputer.

Jika di pagi hari, coba buatlah kamar kalian terang bercahaya baik dari cahaya lampu ataupun sinar matahari. Ruang kamar yang terang akan membantu memudahkan kalian untuk terbangun.

7. Menghindari tertidur, ketika waktu biasanya untuk beraktivitas


Cara perbaiki pola tidur selanjutnya yaitu menghindari tertidur, ketika waktu biasanya kalian terjaga atau beraktivitas. Jika kalian sulit tidur pada waktu malam hari, coba hindari tertidur pada saat kalian biasanya beraktivitas atau waktu berdekatan dengan jam tidur misalnya saat sore hari.

Jika tubuh merasa lelah dan membutuhkan untuk istirahat pada siang hari biarkan tubuh benar-benar tidur. Tetapi usahakan tidak terlalu lama, sekitar 20 menitan saja sudah cukup. Usahakan jangan tertidur ketika kalian sedang bosan dan merasa mengantuk setelah makan.

8. Lakukan olahraga secara teratur


Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Lakukan olahraga secara teratur di pagi hari. Jika tidak bisa pagi hari, coba lakukan empat atau lima jam sebelum kalian tidur. Dan beri waktu satu jam untuk relaksasi dari aktivitas sebelum waktu tidur.

9. Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman sebelum tidur


Ketika akan tidur hindari mengkonsumsi makanan tinggi lemak, karena akan membuat tubuh bekerja lebih ekstra untuk memecah lemak. Hal tersebut akan membuat kalian susah untuk tidur.

Jika kalian merasa lapar pada malam hari, coba makan makanan yang bergizi dan menyehatkan yang tidak menyebabkan kesulitan untuk terlelap. Misalnya seperti camilan dari gandum, sereal rendah gula dan lain sebagainya.

10. Mandi dengan air hangat sebelum tidur


Cara perbaiki pola tidur selanjutnya yaitu mandi dengan air hangat sebelum tidur. Mandi air hangat di malam hari sebelum tidur dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal tersebut tentu akan membantu kalian untuk tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Itulah beberapa cara ampuh untuk perbaiki pola tidur tidak teratur. Jika kalian mengalami kesulitan untuk tidur, kalian bisa mencoba menerapkan cara-cara diatas. Semoga bermanfaat.

0/Post a Comment/Comments