5 Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami Tanpa Harus Minum Obat

IDWARTA.com - Seorang yang terkena penyakit asam urat biasanya mengeluhkan nyeri sendi terutama pada bagian jempol kaki. Jika sedang kambuh penyakit asam urat ini sangat menyiksa penderitanya. Lalu apakah bisa menurunkan asam urat tanpa harus minum obat ?

Penyakit asam urat tidak hanya menyebabkan nyeri sendi dan pegal-pegal. Kondisi seperti ini jika terjadi terus menerus di kemudian hari juga akan berhubungan dengan risiko gangguan ginjal. Maka dari itu, jika asam urat tinggi harus segera dikendalikan. Untuk menurunkan asam urat tidak harus minum obat tetapi juga bisa dilakukan dengan cara alami.

Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami Tanpa Harus Minum Obat

Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami

Ketika penyakit asam urat anda sedang kambuh dan anda merasakan nyeri sendi dan pegal-pegal, anda bisa mengurangi rasa sakit tersebut. Dibawah ini ada 5 cara menurunkan asam urat secara alami tanpa harus minum obat. Apa saja, yuk kita simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Minum air putih yang banyak


Cara menurunkan asam urat yang pertama yaitu minum air putih yang banyak. Jumlah purin yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi akan dikeluarkan melalui urine. Sedangkan untuk memproduksi urine, ginjal membutuhkan air putih yang cukup.

Dengan demikian, bagi anda penderita asam urat agar kebutuhan cairan dalam tubuh setiap hari tetap terpenuhi selalu minum air putih yang cukup. Jika bepergian bila perlu bawa botol berisi air putih agar selalu ingat untuk minum air putih.

2. Hindari makanan yang mengandung purin


Asam urat merupakan hasil metabolisme dari makanan yang tinggi purin misalnya seperti kacang-kacangan, jeroan dan seafood. Tetapi jika mengkonsumsinya tidak berlebihan maka purin yang dihasilkan akan dengan mudah dikeluarkan melalui urine.

Tetapi sebaliknya, jika makanan tinggi purin dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak, maka tubuh tidak akan bisa mengeluarkan semuanya melalui urine. Sehingga purin akan semakin menumpuk dan akan membentuk kristal asam urat pada sendi-sendi.

Jadi, bagi anda yang menderita penyakit asam urat lebih baik membatasi atau menghindari makanan tinggi purin.

3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat


Cara menurunkan asam urat selanjutnya yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Buah dan sayur merupakan makanan tinggi serat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Bagi penderita asam urat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup setiap harinya. Makanan yang mengandung serat tinggi juga dapat membantu tubuh menjaga kadar gula agar tetap stabil.

Bagi penderita asam urat untuk menghindari makan yang berlebihan disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi karena akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Sehingga jumlah purin yang masuk kedalam tubuh akan semakin lebih rendah.

4. Menjaga kesehatan mental


Kondisi mental yang tidak stabil seperti stres dan depresi bisa memicu timbulnya peradangan dalam tubuh. Jadi jika anda sedang menjalani proses menurunkan asam urat harus selalu ingat dengan menjaga kesehatan mental.

Pasalnya peradangan di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penumpukan asam urat dalam darah.

Untuk menjaga kesehatan mental supaya tetap stabil ada beberapa hal yang dapat anda lakukan misalnya seperti melakukan olahraga secara teratur, istirahat yang cukup dengan tidur minimal 8 jam di malam hari, menjalankan hobi dan lain sebagainya.

5. Hindari minuman manis


Minuman manis memang sangat menyegarkan apalagi jika diminum pada saat cuaca panas. Namun ternyata minuman manis tidak dianjurkan dikonsumsi bagi penderita asam urat apalagi bila kadar asam urat dalam tubuh terlanjur tinggi.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan terbiasa minum minuman yang mengandung pemanis buatan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Jadi bagi penderita asam urat lebih baik banyak minum air putih dan hindari minuman yang mengandung pemanis buatan.

Penyakit asam urat memang tidak bisa sembuh, tetapi bukan berarti asam urat merupakan akhir dari segalanya. Anda bisa mengendalikannya sendiri agar supaya gejalanya tidak kambuh lagi.

Untuk mengendalikan asam urat anda tidak melulu harus minum obat dari dokter. Tetapi anda bisa menerapkannya sehari-hari dengan cara alami tanpa harus minum obat.

Jika sudah melakukan beberapa cara diatas namun asam urat tetap tidak turun dan keluhan tidak kunjung hilang, segeralah untuk berkonsultasi ke dokter.

0/Post a Comment/Comments