Lebih Sehat Mengkonsumsi Telur Rebus Atau Goreng ?

IDWARTA.com - Siapa yang belum pernah mengkonsumsi makanan yang satu ini pasti semua sudah pernah merasakannya ya, telur ayam. Telur ayam merupakan lauk yang menjadi favorit semua orang Indonesia.

Selain rasanya yang gurih dan lezat harganya juga murah. Telur juga bisa dioleh menjadi berbagai macam masakan yang dapat memanjakan lidah setiap orang.

Tetapi kita juga tidak boleh mengkonsumsi telur dalam jumlah yang berlebihan karena dapat memicu kolesterol. Pakar kesehatan menyarankan lebih baik mengkonsumsi telur dalam sehari 1-2 butir saja.

Cara pengolahan telur biasanya ada 2 cara yaitu digoreng atau direbus sesuai dengan selera masing-masing. Tetapi lebih sehat manakah antara telur rebus atau goreng. Yuk mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Sehat Mana Antara Telur Rebus atau Telur Goreng

Lebih Sehat Mengkonsumsi Telur Rebus Atau Goreng ?


1. Telur goreng lebih cenderung tinggi kalori dan lemak


Dalam sebuah hasil uji laboratorium  menunjukkan bahwa kandungan telur yang direbus yaitu 78 kalori, 6,3 gram protein, 5,3 gram lemak, 1,6 gram lemak jenuh dan 0,6 gram karbohidrat.

Sedangkan telur yang digoreng kalorinya akan cenderung meningkat yaitu menjadi 90 kalori, 6,8 gram lemak dan 2 gram lemak jenuh atau 10% dari kebutuhan sehari-hari yang dianjurkan.

2. Jumlah kandungan vitamin telur rebus lebih tinggi dari telur goreng


Sebenarnya kandungan vitamin yang dimiliki telur rebus dan goreng itu sama saja, namun jika telur digoreng kandungan vitaminnya akan sedikit berkurang.

Jika kita mengkonsumsi telur rebus berarti sama saja kita memperoleh 15% untuk riboflavin sehari-hari yang dianjurkan, 10% untuk vitamin B12 dan 11% untuk vitamin D.

Riboflavin bekerja mengubah karbohidrat menjadi energi dan membantu menghasilkan sel darah merah. Untuk vitamin B12 diperlukan tubuh untuk meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf. Sedangkan vitamin D berperan untuk penyerapan kalsium dan menjaga kekebalan tubuh.

3. Telur goreng memiliki kandungan mineral lebih tinggi dibanding telur rebus


Kenyataannya telur yang digoreng memiliki kandungan mineral lebih tinggi dibanding telur yang direbus. Telur goreng memiliki kandungan mineral yang tinggi yaitu fosfor. Misalnya 1 telur dengan ukuran besar yang digoreng mengandung 10% dari nutrisi yang diperlukan tubuh sehari-hari.

Sedangkan untuk telur yang direbus hanya mengandung 9% mineral dari yang dibutuhkan untuk tubuh sehari-hari. Perlu diketahui fosfor berperan penting untuk pertumbuhan tulang yang kuat, menghasilkan DNA, dan untuk fungsi ginjal.

4. Telur rebus dan telur goreng memiliki kandungan kolesterol yang sama


Banyak orang berpendapat bahwa telur yang digoreng menggunakan minyak akan cenderung mengandung kolesterol yang tinggi. Tetapi pada kenyataannya kandungan kolesterol yang terdapat pada telur goreng atau rebus hampir sama yaitu 210 mg.

Jika anda sedang menjalankan program diet sehat, menurut pakar ahli gizi menyebutkan bahwa batas mengkonsumsi kolesterol sehari yaitu 300 mg. Sehingga dengan mengkonsumsi telur goreng atau rebus sehari 1-2 butir saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kolesterol baik dalam tubuh.

Baca juga : Manfaat Putih Telur Untuk Kecantikan Wajah.

5. Mengkonsumsi telur untuk kesehatan


Telur mengandung banyak protein dan asam amino yang sangat dibutuhkan tubuh yaitu untuk membentuk hormon, sel baru, hemoglobin dan enzim.

Walaupun telur mengandung kolesterol, tetapi tubuh manusia juga membutuhkan asupan nutrisi yang mengandung kolesterol baik. Jadi bukan berarti mengkonsumsi telur itu tidak baik untuk kesehatan.

Sebenarnya kandungan nutrisi yang terdapat pada telur rebus dan telur goreng itu sama saja. Hanya saja cara pengolahannya yang berbeda dengan adanya penambahan minyak sehingga ada sedikit perbedaan kecil. Semoga bermanfaat.

0/Post a Comment/Comments