Kandungan Dan Manfaat Guarana Brazil Untuk Kesehatan

IDWARTA.com - Guarana merupakan tanaman yang berasal dari Brazil. Bahasa latinnya Paullinia cupana, termasuk dalam kategori Sapindaceae. Tumbuh dengan cara merambat dan berkelompok dan memiliki daun yang lebar serta terdapat gugusan bunga.

Tanaman ini memiliki buah berwarna merah dan dagingnya berwarna putih. Juga terdapat biji berwarna hitam yang mirip dengan biji kopi. Jika daging buah dan bijinya terbelah akan nampak seperti bola mata.

Buah guarana memiliki kandungan kafein yang lebih besar jika dibandingkan dengan kopi. Maka dari itu buah guarana sangat bermanfaat untuk kesehatan dan sebagai obat yang mujarab karena khasiatnya yang begitu banyak, bahkan untuk kecantikan juga lho.

Masyarakat Indonesia mungkin belum begitu mengenal atau mengerti dengan buah yang satu ini. Tetapi di Indonesia sendiri sudah banyak yang menanam pohon ini untuk memenuhi kebutuhan mereka bahkan ada yang untuk menghias kebun. Cara menanamnya pun juga cukup mudah.

Kandungan Nutrisi Buah Guarana

Sejuta Manfaat Buah Guarana Brazil Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah guarana cukup banyak dan tentunya berguna untuk memenuhi kebutuhan tubuh, antara lain sebagai berikut:


  •  Asam salisilat
  • Guaranin
  • Hipoxanthine
  • Proanthocyanidins
  • Glukosa
  • Choline
  • Adenine
  • Theobromine
  • Xanthine
  • Kalium
  • Asam amino
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Vitamin B1, B2, B6, B12 dan vitamin E
  • Pottasium


Manfaat Buah Guarana Untuk Kesehatan


Banyak sekali olahan yang berasal dari buah guarana misalnya yaitu diolah dalam bentuk makanan, minuman dan suplemen kesehatan untuk mengobati beberapa macam penyakit. Untuk lebih detailnya mari kita simak penjelasan dibawah ini mengenai manfaat buah guarana untuk kesehatan.

1. Menurunkan kolesterol dan jantung


Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah guarana berfungsi untuk membantu memperlancar aliran darah dan mencegah pembekuan dalam darah.

Buah guarana juga membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga sangat efektif untuk membantu pembentukan plak pada arteri.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi buah guarana akan memiliki penurunan kolesterol yang cukup baik dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya sama sekali.

2. Mengurangi rasa nyeri


Kandungan kafein tinggi yang terdapat pada buah guarana dapat meredakan rasa sakit dan nyeri pada tubuh. Pada dasarnya kafein berfungsi untuk meredakan rasa nyeri dengan cara menghambat dan mengikat kerja reseptor adenosine yang merupakan rangsangan dari rasa nyeri.

3. Membunuh bakteri jahat


Kandungan senyawa yang terdapat pada buah guarana dapat membunuh pertumbuhan bakteri-bakteri jahat yang ada didalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah guarana mampu menekan pertumbuhan bakteri pada Streptococcus mutans  yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan timbulnya plak. Ini karena perpaduan antara kafein dan nabati seperti tanin yang memberi efek sebagai antibakteri.

4. Mencegah penyakit kanker


Kandungan xanthines yang terdapat pada buah guarana memiliki sifat sebagai anti kanker. Pertumbuhan sel yang tidak terkendali sehingga menyebabkan timbulnya penyakit kanker.

Guarana bermanfaat untuk melindungi kerusakan DNA dan menekan pertumbuhan sel kanker didalam tubuh.

5. Meningkatkan daya ingat


Manfaat buah guarana selanjutnya yaitu untuk meningkatkan kemampuan otak termasuk meningkatkan daya ingat dan memori otak.

Dalam sebuah study menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi buah guarana dapat membantu dalam mengerjakan tugas dan menyelesaikannya lebih cepat serta mendapatkan hasil tes tertinggi.

6. Untuk menurunkan berat badan


Kandungan kafein tinggi yang terdapat pada buah guarana mampu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 3-11% sehingga dapat membakar kalori dalam tubuh lebih cepat. Sehingga sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

7. Mengatasi sembelit


Kandungan kafein yang terdapat pada buah guarana dapat merangsang proses peristaltik untuk mengatasi sembelit dengan memicu timbulnya kontraksi dalam usus besar untuk dapat mendorong ke area rektum.

Demikian penjelasan mengenai kandungan dan manfaat buah guarana untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

0/Post a Comment/Comments