Inilah Cara Menabung Yang Menyenangkan

IDWARTA.com - Menabung merupakan kegiatan menyisihkan uang yang dimiliki untuk keperluan masa depan baik dengan cara menabung sendiri dirumah atau dibank. Namun bagi sebagian orang menabung itu menjadi hal yang mustahil dan sulit dilakukan karena kebiasaan mereka dengan hidup boros atau suka shopping.

Disamping itu menabung tidak bisa dilakukan karena mungkin lebih banyak pengeluaran daripada pendapatan. Tetapi juga tidak jarang bagi mereka yang mempunyai penghasilan yang cenderung meningkat namun tetap tidak bisa menyisihkan uang mereka untuk menabung.

Padahal kegiatan menabung itu sangat penting untuk dilakukan dan harus dibiasakan karena dengan menabung dapat membantu masalah keuangan kita dan untuk kehidupan masa depan yang lebih baik.

Bagi kalian yang terbiasa dengan hidup boros dan susah untuk menabung, jangan khawatir ini ada beberapa cara menabung yang menyenangkan untuk dilakukan dan bikin tidak lupa. Yuk kita simak artikel dibawah ini.

Cara Menabung Yang Menyenangkan

cara menabung yang menyenangkan

1. Membangun sistem secara otomatis


Menabung dengan kemauan sendiri terkadang memang sulit dilakukan apalagi jika hidup di tengah-tengah perkotaan yang banyak sekali penjual makanan. Terutama bagi mereka yang hobby jajan maupun berbelanja sehingga terlalu boros mengeluarkan banyak uang.

Nah, untuk mengatasinya agar menabung tetap berjalan dan tidak lupa dilakukan caranya cukup mudah yaitu membangun sistem secara otomatis. Misalnya kalian bisa mengaktifkan fitur autodebet pada rekening gaji khusus tabungan.

Suatu contoh, kalian bekerja dan menerima transferan gaji bulanan di setiap tanggal 1, kalian bisa mengaktifkan fitur autodebet di rekening khusus tabungan pada tanggal 2 misalnya uang yang ditabung minimal 15% dari gaji yang diterima. Ini akan secara otomatis masuk ke dalam tabungan kalian.

2. Membuat planing tentang menabung


Kalian bisa membuat planning tentang menabung dibuku diary atau buku harian yang bisa dilihat sewaktu-waktu. Semakin kalian membuat planning yang mendetail akan semakin semangat juga untuk menabung.

Misalnya berapa target yang harus dicapai pada tabungan tersebut. Jika kalian masih single mungkin yang harus terkumpul 3 kali lipat dari pengeluaran. Misalnya setiap bulan uang yang kalian keluarkan 2 juta, sehingga uang yang harus terkumpul setiap bulannya sebanyak 6 juta. Agar tabungan itu bisa berjalan dan tercapai minimal setiap bulan kalian harus menyisihkan uang gajian 10% ke rekening khusus tabungan.

3. Simpan ditempat yang tersembunyi


Maksud dari menyimpan tabungan ditempat yang tersembunyi yaitu tempat yang sulit dan tidak mudah untuk diambil. Agar pendapatan kalian tetap aman dan tidak kebobolan simpanlah ditempat yang tersembunyi. Sebagian orang mungkin tidak kuat iman jika melihat saldo tabungan mengendap di rekening.

4. Mengunci tabungan


Menabung bisa berhasil dan tercapai yaitu dengan cara mengunci tabungan. Seperti pada waktu kecil, menabung pada celengan yang ada kunci gemboknya akan aman dan juga bisa menahan godaan. Sehingga kalian dapat mengunci tabungan yang kalian sisihkan.

Atau mungkin bisa juga melalui tabungan rencana dibank. Misalnya kalian yang tidak ingin ribet, kalian bisa menggunakan produk deposito online. Ada sebagian bank yang menerima deposito online sebanyak 5 juta.

5. Memberi nama tabungan


Memberi nama setiap tabungan juga merupakan salah satu cara menabung yang menyenangkan lho. Cara ini bisa membuat kalian berfikir ulang jika akan menunda menabung atau akan mengambil uang tabungan.

Suatu contoh kalian ingin membeli sepeda baru dan kalian mulai menyisihkan uang untuk membelinya. Mungkin kalian bisa memberi nama pada tabungan " Untuk membeli sepeda baru ". Nah, dengan begitu jika kalian ingin menunda atau ingin mengambil uang tabungan akan berfikir terlebih dahulu. Jika uangnya kurang saya tidak akan bisa membeli sepeda baru. Maka dengan melakukan cara seperti itu tabungan kalian akan cepat tercapai dan bisa segera membeli sepeda baru, menyenangkan bukan?

6. Menyimpan kenaikan gaji


Jika kalian bekerja pada suatu perusahaan dan kalian mendapatkan suatu komisi atau kenaikan gaji itu menjadi hal yang wajib disyukuri. Agar uang tambahan gaji tersebut bisa bermanfaat dan berguna lebih baik disisihkan untuk ditabung. Sebagian bisa untuk ditabung dan sisanya bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

7. Membuat anggaran


Cara yang ini juga bisa dilakukan agar menabung dapat tercapai. Misalnya kalian membuat catatan semua kebutuhan yang kalian butuhkan selama satu tahun. Dengan merinci semua anggaran akan dapat membantu menyeimbangkan antara menabung dan pengeluaran kalian.

8. Memanfaatkan aplikasi personal finance di ponsel


Untuk keberhasilan menabung dan menabung akan mudah untuk dilakukan, kalian bisa mengunduh dan memanfaatkan aplikasi personal finance di ponsel kalian lho. Aplikasi ini sejenis Spendee, Dompetsehat, Wally, Moneylover dan sebagainya.

Jika kalian melakukan menabung sesuai dengan aplikasi ini, kalian juga bisa mengecek dan mengetahui pengeluaran dan pemasukan kalian setiap saat. Dengan adanya aplikasi keuangan seperti ini akan memudahkan dan  mendorong kalian untuk lebih giat dalam menabung.

Demikian penjelasan mengenai beberapa cara menabung yang menyenangkan yang dapat kalian coba. Jangan lupa dan selalu rajin menabung karena itu sangat penting dan berguna untuk masa depan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

0/Post a Comment/Comments