Inilah 11 Tips Diet Sehat Untuk Turunkan Berat Badan Secara Alami Dan Aman

IDWARTA.com - Mempunyai tubuh yang ideal merupakan salah satu idaman bagi banyak kaum hawa. Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal misalnya seperti melakukan diet. Diet sehat  merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang melakukan diet dengan diet tidak sehat misalnya seperti mengkonsumsi obat diet yang mengandung bahan kimia atau bahkan menyiksa diri dengan tidak makan sama sekali atau rasa lapar yang berlebihan. Padahal diet yang tidak sehat dapat menimbulkan efek samping seperti sakit-sakitan.

Ada cara diet yang tidak menimbulkan efek samping yaitu dengan cara diet sehat dan tentunya aman untuk tubuh. Diet sehat ini tidak hanya menurunkan berat badan saja, tetapi juga membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Tips diet sehat ini merupakan cara kita mencintai tubuh dengan mengkonsumsi makanan serta minuman yang sehat dan menerapkan gaya hidup yang sehat. Ada beberapa cara diet sehat yang dapat dilakukan untuk memperoleh tubuh ideal dan tentunya tidak membahayakan tubuh.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak dibawah ini mengenai tips diet sehat untuk turunkan berat badan secara alami dan aman.

1. Banyak makan sayur

Tips Diet Sehat Banyak Makan Sayuran
Source Img : lifestyle.kompas.com

Sebelum makan besar disarankan untuk terlebih dahulu mengkonsumsi banyak sayur seperti salad. Karena ini membuat perut akan lebih cepat kenyang. Sehingga ini bisa membantu mengurangi porsi makan kita menjadi lebih sedikit.

2. Penuhi kebutuhan serat


Serat merupakan nutrisi penting yang dapat membantu dalam proses menurunkan berat badan dan menjaganya agar tidak cepat naik lagi. Makanan yang tinggi serat memudahkan kita untuk buang air besar sehingga dapat membantu proses menurunkan berat badan.

Makanan berserat dapat ditemui dalam berbagai jenis makanan misalnya seperti buah, sayur dan kacang-kacangan.

3. Tubuh jangan sampai kelaparan


Diet dengan cara menahan rasa lapar yang berlebihan justru akan membuat balas dendam, misalnya makan secara berlebihan. Membiarkan perut dalam keadaan sangat lapar membuat kita sulit menahan nafsu makan, yang ada malah memakan semua makanan yang ada di depan mata.

Solusinya yaitu tetap makan dalam porsi kecil. Atau sediakan makanan sehat dan bergizi seperti yoghurt, telur rebus atau pisang yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh kamu.

4. Banyak minum air putih


Minum air putih sebelum makan dapat membantu kita lebih cepat kenyang. Sehingga membuat kita lebih sedikit mengkonsumsi kalori. Selain itu, banyak minum air putih membuat tubuh akan tetap terhidrasi dengan baik sehingga kebutuhan air dalam tubuh akan tetap terpenuhi.

5. Makanan tinggi protein


Apabila kamu terbiasa sarapan pada pagi hari dengan roti atau sereal, coba ganti dengan makanan yang tinggi protein misalnya seperti telur rebus dan susu. Mengkonsumsi makanan tinggi protein membuat tubuh akan lebih cepat kenyang dan tubuh lebih berenergi.

Mencukupi kebutuhan protein setiap hari dapat menjaga kesehatan otot dan metabolisme tubuh selama proses penurunan berat badan.

Makanan yang kaya akan protein tinggi dapat kita temui pada jenis makanan seperti daging dada ayam, ikan, makanan laut dan telur.

6. Mengkonsumsi lemak sehat


Lemak biasanya menjadi pantangan jika kita ingin melakukan diet sehat. Padahal ada lemak sehat yang sangat membantu kita dalam proses diet menurunkan berat badan yaitu misalnya seperti alpukat dan kacang-kacangan. Makan alpukat sebagai pengganti camilan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

7. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula


Makanan organik atau minuman seperti jus dalam kemasan biasanya kandungan gulanya cukup banyak. Lebih baik sebelum makan bacalah kandungan nutrisinya terlebih dahulu. Selain itu, makanan dan minuman manis biasanya mengandung gula tambahan sehingga tidak baik untuk kesehatan.

8. Lakukan olahraga rutin

Tips Diet Sehat Dengan Olahraga Teratur
Source Img : lifestyle.kompas.com

Melakukan diet sehat saja tidak cukup tanpa diimbangi dengan melakukan olahraga. Agar proses penurunan berat badan lebih optimal lakukan olahraga secara rutin. Tidak harus olahraga yang berat, lakukan aktivitas yang ringan atau misalnya berjalan kaki minimal 30 menit sehari.

9. Hindari makanan olahan


Saat melakukan diet sehat hindari makanan olahan yang diproses terlalu tinggi. Misalnya karbohidrat olahan seperti pasta, tepung-tepungan dan roti tawar.

Jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat lebih baik konsumsi makanan sayuran non tepung, lemak sehat, protein tanpa lemak, biji-bijian yang tidak diolah.

10. Hindari minuman alkohol


Minuman beralkohol memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, sehingga membuat diet kalian akan sia-sia. Mengkonsumsi alkohol juga membuat tubuh kita kehilangan mineral penting sehingga tubuh akan mengalami dehidrasi. Padahal jika kita melakukan diet sehat, kebutuhan mineral dalam tubuh harus tetap terjaga agar tidak terhidrasi.

11. Tidur yang cukup


Tidur yang cukup juga dapat membantu proses menurunkan berat badan. Karena jika kita kurang tidur hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Kurang tidur juga dapat meningkatkan nafsu makan sehingga akan membuat berat badan menjadi naik. Namun jika kita istirahat dengan cukup tubuh akan menjadi lebih sehat dan nafsu makan akan terkontrol.

Sebaiknya lakukan diet sehat dengan jangka panjang agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga. Demikian penjelasan mengenai tips diet sehat untuk turunkan berat badan secara alami dan aman. Semoga bermanfaat.

0/Post a Comment/Comments