Cara Untuk Mengatasi Perut Kembung Yang Perlu Anda Ketahui

IDWARTA.com - Perut kembung yaitu gejala yang menunjukkan adanya gas atau udara di dalam rongga usus. Kondisi seperti ini dapat saja di alami oleh berbagai kalangan usia mulai dari bayi hingga orang tua. Meskipun tergolong tidak berbahaya, namun keluhan perut kembung dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena rasa yang tidak nyaman.

Keluhan perut kembung biasanya berhubungan dengan penumpukan gas atau aktivitas bakteri pada usus. Perut kembung bisa saja terjadi dengan disertai gejala lain misalnya seperti rasa tidak nyaman pada perut, mual, muntah, atau rasa nyeri pada ulu hati.

Untuk mencegah perut kembung hindari makanan yang dapat menghasilkan produksi gas pada pencernaan. Namun apabila perut kembung sudah terlanjur terjadi, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung.

8 Cara Untuk Mengatasi Perut Kembung, Cek Yuk!

8 Cara mengatasi Perut Kembung

1. Kurangi makanan yang dapat menyebabkan produksi gas


Sebenarnya bukan dilarang untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan produksi gas, hanya saja jangan makan dalam porsi banyak atau berlebihan. Ada beberapa makanan yang mengandung gas misalnya seperti daun singkong, kubis, kembang kol, brokoli, kedondong, nangka, pisang ambon dan beberapa jenis buah yang dikeringkan.

2. Minum air putih hangat


Minum air dapat membantu pergerakan usus jika anda mengalami konstipasi atau sembelit. Selain itu, air juga dapat membantu mengeluarkan limbah hasil dari pencernaan. Minum air putih hangat dapat memperlebar pembuluh darah dan menstimulasi aliran darah ke usus sehingga sangat membantu proses pencernaan.

Lebih baik biasakan minum air putih hangat pada waktu pagi hari sebelum sarapan. Jadi pada saat sarapan, suhu hangat air tersebut bisa membantu mengemulsi lemak sehingga akan mudah untuk dicerna. Selain itu, minum air putih hangat dapat membantu membersihkan usus untuk menghindari keluhan perut kembung.


3. Bergerak aktif


Tahukah anda, dengan berjalan kaki 10 menit bisa meredakan perut kembung. Aktivitas berjalan kaki atau jalan cepat dapat membantu gas lebih cepat melewati saluran pencernaan. Sehingga perut kembung perlahan-lahan akan segera teratasi.

4. Makan jangan terlalu cepat

Bahaya Makan Terlalu Cepat Penyebab Perut Kembung

Orang-orang yang memiliki kebiasaan makan terlalu cepat, makan sambil berbicara, minum terlalu banyak soda, minum dari sedotan itu lebih cenderung sering mengalami perut kembung. Karena pada dasarnya salah satu penyebab dari perut kembung yaitu terlalu banyak menelan udara pada saat makan.

Cara mengatasinya yaitu makanlah secara pelan dengan mulut tertutup, satu porsi makanan habiskan dalam waktu 15 sampai dengan 30 menit.

5. Lebih banyak makan serat


Sembelit biasanya terjadi karena kurang makan serat dan kurang gerak. Sehingga saat mengalami sembelit, feses akan tertahan lama di usus, ini yang menyebabkan bakteri berkembang biak dan menghasilkan gas lebih banyak.

Sembelit merupakan salah satu penyebab perut kembung, maka disarankan untuk lebih banyak makan serat. Konsumsi makanan yang tinggi serat misalnya seperti buah, sayuran hijau, atau biji-bijian.

Perlu diingat, tubuh perlu penyesuaian dengan asupan serat yang bertambah, jadi jangan terlalu banyak makan serat dalam waktu yang terlalu cepat karena dapat membuat kondisi perut kembung semakin parah.

6. Minum teh peppermint


Peppermint biasanya digunakan untuk mengobati masalah pada saluran pencernaan karena kandungan bahan aktif menthol dan menthone.

Kandungan bahan-bahan aktif tersebut mempunyai efek mengurangi kontraksi dan meredakan rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan.

7. Mengkonsumsi kunyit


Kandungan bahan aktif kurkumin pada kunyit dipercaya dapat meredakan perut kembung dan rasa begah. Pada beberapa penelitian menunjukkan orang dengan gangguan saluran pencernaan mengkonsumsi ekstrak kunyit setiap hari mengalami perbaikan keluhan perut kembung, begah dan nyeri perut hingga 67%.


8. Konsumsi produk olahan susu dengan baik


Bagi penderita intoleransi laktosa bisa mengalami perut kembung saat mengonsumsi susu atau produk olahan susu seperti yoghurt, keju atau mayones. Lebih baik konsumsi dalam porsi kecil terlebih dahulu.

Namun jika keluhan perut kembung masih saja dialami atau mungkin semakin parah, coba ganti ke produk susu nabati misalnya seperti susu kedelai atau produk lain yang bebas laktosa.

Jika anda sedang mengalami keluhan perut kembung, tidak ada salahnya untuk mencoba cara-cara seperti diatas, semoga saja rasa tidak nyaman pada perut anda bisa segera teratasi. Semoga bermanfaat.

0/Post a Comment/Comments