Tips Memilih Rumah Bagi Pasangan Muda Baru Menikah

IDWARTA.com - Setelah sebelumnya membahas mengenai Tips Membeli Rumah Idaman Yang Nyaman, topik kali ini soal Tips Memilih Rumah bagi pasangan muda yang baru menikah.

Tips Memilih Rumah Idaman Bagi Pasangan Muda

Diketahui rumah merupakan aset yang cukup mahal dibandingkan lainnya. Terutama kaum muda yang baru saja menikah. Seiring berjalannya waktu anggota keluarga bertambah, tentu mengharuskan berpindah kota atau menetap di kota tersebut, maka pembelian rumah menjadi prioritas pilihan utamanya.

Meski masih banyak kebutuhan rumah lain yang mungkin perlu dipenuhi. Sampai ada program 1 juta rumah baru dari Pak Jokowi untuk sekedar mengatasi hal tersebut.

Jadi ketersediaan rumah yang begitu terbatas. Membuat kita tidak boleh salah memilih saat ingin membeli rumah. Berikut tips jitu memilih rumah yang istimewa bagi pasangan muda baru menikah. Namun topik terbaru kali ini bukan mengenai membeli rumah untuk investasi masa depan.

Tips Memilih Rumah Idaman Yang Nyaman Untuk Keluarga Anda


Jangan sampai salah memilih, pastikan anda membaca tips memilih rumah berikut ini.

Lokasi Rumah Idaman Yang Tepat

1. Lokasi


Faktor utama dalam tips memilih rumah bagi pasangan muda adalah Lokasi.

Mengingat lokasi yang strategis biasanya yang dekat dengan lokasi kerja atau minimal lokasi tersebut dilewati maupun punya sarana yang memadahi seperti transportasi umum.

Lokasi yang strategis juga berpengaruh pada prospek harga properti di masa mendatang. Sehingga rumah yang dipilih atau dibeli tersebut, bila kemudian hari dijual kembali bisa jadi investasi yang menjanjikan.

2. Lingkungan


Perlu digaris bawahi mengenai tips memilih rumah idaman selanjutnya adalah lingkungan.

Lingkungan yang sangat di idamkan para pasangan muda baru menikah tentu yang nyaman, aman,  dan terawat dengan baik. Percuma mempunyai rumah mewah bagus namun berada di lokasi yang kumuh serta rawan tindak kejahatan.

Bahkan faktor keramaian lalu lintas bisa jadi pertimbangan untuk memilih rumah baru. Tapi tetap waspada bila anak anda ingin main di luar rumah.

3. Fasilitas dan Akses


Bagi sebagian besar keluarga menginginkan membeli rumah yang dekat dengan fasilitas seperti sekolah untuk anak, ketersediaan puskesmas, dan perbelanjaan jadi faktor penentu memilih rumah.

Bahkan jangan lewatkan pula ketersediaan akses jalur transportasi seperti jalan tol dan lain sebagainya. Serta layanan transportasi meliputi kereta api dan bus bisa jadi poin tambahan.

Apabila anda sering berpergian tentu memilih rumah dekat terminal bandara atau bus bisa jadi hal penting.

4. Kawasan dan Memahami Pengembangan Perumahan


Tidak jadi masalah bagi anda yang menghuni rumah dalam tahap pembangunan. Atau membeli rumah di sekitar area yang di inginkan.

Namun anda harus tetap cermat untuk memperhatikan pengembangan di sekitar area lokasi pilihan anda. Bisa jadi sekitar lokasi tempat tinggal anda ternyata nantinya dibangun akses jalan tol atau jalur kereta api.

Harga Rumah Idaman Yang Menarik

5. Harga rumah idaman


Harga rumah idaman biasanya ditentukan oleh lokasi strategis, dekat dengan pusat perbelanjaan, layanan masyarakat, tempat yang bersih dan akses jalan. Semakin baik fasilitas dan akses tentu harga rumah juga bisa dibilang mahal.

Jadi bijaklah dalam memilih rumah, pastikan anda sudah survey lokasi sekitar yang mana bisa menentukan harga yang wajar untuk membeli rumah tersebut. Bisa juga melalui situs jual beli rumah online.

6. Kualitas Bangunan Rumah


Tips memilih rumah mengenai kualitas bangunan cukup sulit untuk di nilai, apabila perumahan belum siap huni. Tapi bisa dilihat dari contoh model bangunan yang sudah jadi.

Jangan terpancing dari pameran rumah, langsung lihat saja di lokasi perumahan tersebut. Agar tahu kondisi rumah sebenarnya yang nantinya di bangun, agar bisa menilai kualitas bangunan rumah.

7. Jeli dalam Melihat Promo penawaran dan diskon beli rumah


Tips memilih rumah selanjutnya cermatlah dalam membeli rumah, meski banyak penawaran yang menarik dan diskon yang di tawarkan. Jangan sampai salah pilih, soal harga diskon rumah bisa dipertimbangkan.

Tips memilih developer secara benar


Tips Memilih Developer Yang Benar dan Aman

Setelah mengetahui 7 Tips memilih rumah idaman bagi pasangan muda baru menikah. Pasti sudah bisa berangan-angan ingin memilih rumah mana yang tepat untuk keluarga, biasanya di era modern saat ini cukup nyaman di komplek perumahan masa kini.

Berikut tips memilih developer terpercaya dan nyaman untuk urusan komplek perumahan, bisa masuk dalam daftar berburu rumah idaman.

1. Kredibilitas dan Reputasi Developer


Sebagai pengembang atau developer tentu punya kredibilitas dan reputasi ini bisa jadi patokan anda untuk memilih developer yang tepat. Caranya cukup mudah cari berita sebanyak-banyaknya mengenai developer tersebut, atau langsung datangi perumahan yang sudah di bangun oleh developer.

Ingat, bukan berarti developer baru tidak punya kredibilitas. Pastikan anda menseleksi lebih mendetail. Meski membeli rumah masih dalam keadaan "gambar" saja. Tingkat kredibilitas ini patut jadi pertimbangan penting.

2. Legalitas


Sebelum membeli rumah, pastikan anda mengecek legalitas area tanah tersebut berupa terbitnya sertifikat induk. Namun bila sertifikat itu dianggunkan ke bank untuk keperluan proyek yang dibangun tersebut.

Cermatlah melihat akta pemberian hak tanggungan dan sertifikat hak tanggunan. Demi legalitas yang aman.

Mengingat banyak kasus legalitas lokasi yang di bangun hanya berupa izin lokasi, hal ini cukup beresiko tinggi. Maka alangkah baiknya tanyakan copy induk sertifikat untuk sekedar memastikan kebenarannya.

3. Komitmen Developer


Banyak sekali developer yang menawarkan janji tidak semestinya. Alangkah baiknya cermati proses atau tahapan pembangunan sesuai dengan aktual di lapangan atau tidak.

Jika janji yang di tawarkan tidak dilakukan karena alasan yang tidak logis. Jangan memaksakan diri untuk memilih developer itu, masih banyak developer lain yang bisa komitmen dengan janjinya.

4. Kerjasama dengan perbankan


Tips memilih developer yang tepat salah satunya kerjasamanya dengan banyak perbankan. Ini menandakan banyak pula skema kredit rumah atau KPR yang bisa kita pilih sesuai dengan kemampuan ekonomi.

Selain itu bisa jadi patokan bahwa kerjasama dengan bank mengindikasikan properti yang dibeli aman dari legalitas.

Hal ini berkaitan sebelum pihak bank melakukan kerjasama, pastinya sudah due deligence dulu secara menyeluruh terhadap developer itu.

Kapan Membeli Rumah Idaman Yang Tepat

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Membeli Rumah Idaman?


Itulah di atas beberapa tips memilih rumah idaman yang benar dan tepat. Serta bagaimana dalam memilih developer yang benar. Agar tidak merugi di masa mendatang.

Setelah jelas mengenai tips memilih rumah dan tips memilih developer. Maka pertanyaan selanjutnya, Kapan anda membeli rumah idaman?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pembelian rumah merupakan yang pembelian termahal bagi sebagian mayoritas masyarakat Indonesia. Maka menentukan waktu yang tepat untuk membeli rumah bukan hal yang mudah.

Menurut KPRacademy.info selain cara membeli rumah menunggu ketersediaan uang terlebih dahulu, juga tersedianya semua informasi terkait produk KPR yang digunakan.

Mau memakai jenis KPR Syariah atau KPR Konvensional sama saja. Yang terpenting DP (Down Payment) dan sesuaikan dengan cicilan yang pas kantong.

Happy Hunting Guys.

1/Post a Comment/Comments

Posting Komentar