Review Tempat Wisata Air Terjun Dolo di Kediri


IDWARTA.com - Di Jawa Timur tepatnya di kota kediri banyak sekali tempat-tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi saat anda berada di kediri.

Misalnya seperti tempat wisata gumul parade island, kampung inggris, goa selomangkleng, wisata air terjun dolo, dan masih banyak yang lainnya. Kali ini kita akan membahas tentang wisata alam yang ada di kediri jawa timur yaitu wisata air terjun dolo.

Tidak jauh dari air terjun dolo juga terdapat wisata air terjun irenggolo. Wisata air terjun irenggolo berada di bawah air terjun dolo. Pengunjung bisa mengunjungi air terjun irenggolo dan air terjun dolo secara bersamaan dalam satu perjalanan. Karena tempatnya yang satu jalur.

Wisata air terjun dolo berlokasi di dusun besuki, desa jugo, kecamatan mojoroto, kota Kediri Jawa Timur. Air terjun dolo berada di lereng gunung wilis. Yang mana gunung wilis ini memiliki ketinggian mencapai 2.850 meter dari permukaan laut. Memiliki suhu yang sangat dingin karena wisata air terjun dolo yang terletak di pegunungan.

Jika cuaca terbilang sangat buruk wilayah di sekitar dolo tertutup kabut yang sangat gelap. Sehinggaa jarak pandang terbatas. Namun jika cuaca membaik dan cerah disana akan terlihat jelas suguhan pemandangan alam yang sangat indah. Di sisi kanan dan kiri terdapat pohon yang menjulang tinggi, ditambah suara gemercik air yang menambah indah suasana.

Wisata air terjun dolo memiliki ketinggian mencapai 125 meter dan berada pada 1.800 meter di atas permukaan laut. Curahan air terjun dolo tertinggi mencapai 90 meter. Sedangkan undakan yang berada di bawahnya memiliki ketinggian hingga 2 sampai 5 meter. Keindahan air terjun dolo yang disuguhkan dengan pemandangan pegunungan yang asri memanjakan setiap mata yang memandang.

Dolo dalam bahasa setempat memiliki arti menggantung. Terdapat benda yang menggantung di atas pohon dekat air terjun. Inilah yang menjadi asal usul nama air terjun dolo.

Sejarah wisata air terjun dolo sudah ada sejak zaman kewalian terdahulu. Ada cerita legenda di wisata air terjun dolo yang masih melekat pada masyarakat hingga sekarang.

Yaitu adanya fenomena yang terkadang tampak oleh mata dan terkadang juga menghilang yaitu adanya benda yang menggantung di atas pohon dekat disamping air terjun. Cerita inilah yang menjadi asal usul air terjun dolo di kediri.

Review tempat wisata air terjun dolo di kediri


Walaupun berada di lereng pegunungan, namun untuk pengunjung yang berwisata dilokasi ini juga disediakan beberapa fasilitas yang memadai, seperti adanya mushola dan toilet umum.

Jika lelah dalam perjalanan bisa istirahat di kedai atau warung-warung yang berjualan makanan dan minuman di pinggiran disekitar lokasi tempat wisata. Selain itu, ada beberapa fasilitas lain diantaranya:

Fasilitas Wisata Air Terjun Dolo Kediri


1. Taman sebagai bermain

Bagi pengunjung yang membawa anak kecil atau buah hati jangan khawatir jika rewel, karena disana disediakan arena bermain atau playground sebagai tempat bermain untuk anak-anak.

Sehingga anak kecil memiliki kegiatan bermain yang menyenangkan dan menghibur. Untuk para orang tua juga bisa mengawasi buah hati di arena bermain.

2. Tempat berkemah

Wisata air terjun dolo juga menyediakan tempat berkemah yang cukup luas. Bagi pengunjung yang ingin berkemah atau bermalam ditempat ini bisa dengan rombongan serta membawa tenda dari rumah dan mendirikan tenda di tempat ini.

Tempat ini biasanya juga digunakan untuk outbound. Sangat cocok untuk kalian yang ingin berkumpul bersama teman-teman dan berolah raga serta outbound di tempat ini.

3. Hiking area

Bagi anda yang mempunyai hobi hiking atau mendaki. Jangan lupa untuk mengunjugi tempat wisata yang satu ini. Dalam perjalanan menuju ke wisata air terjun dolo akan di suguhkan dengan pemandangan alam yang indah.

Karena terletak di area pegunungan sehingga tempat ini sangat cocok untuk kalian yang mempunyai hobi hiking.

4. Area khusus untuk jogging atau lari pagi

Tempat ini bisa menjadi alternatif untuk kalian yang ingin berolahraga atau lari pagi. Jika kalian berkemah dan bermalam di tempat ini, pada waktu pagi harinya bisa dimanfaatkan untuk berolahraga atau jogging. Udara yang sejuk serta pemandangan yang indah membuat sensasi menjadi berbeda ditempat ini.

5. Kebun buatan

Di sekitar wisata air terjun dolo terdapat kebun buatan yang tempatnya tidak jauh dari air terjun. Kebun tersebut di tanami berbagai macam tumbuhan, ada sayur-sayuran dan juga buah stroberi.

Jika anda berkunjung disana dan pulang ingin membawa oleh-oleh. Anda bisa membeli buah stroberi ini untuk dijadikan oleh-oleh dan bisa memetik sendiri buah stroberi yang sudah matang.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Dolo


Harga tiket masuk wisata air terjun dolo yaitu sebesar Rp 3.000. Ada tempat parkirnya juga disana. Untuk melihat pemandangan air terjun, anda harus berjalan kali sepanjang kurang lebih 500 meter dan harus menuruni anak tangga yang tak terhitung jumlahnya ada ratusan atau mungkin ribuan anak tangga.



Bangunan anak tangga dilengkapi dengan pegangan tangan di sepanjang jalan dan sudah dibangun sedemikian rapi dan nyaman untuk yang melewati tangga tersebut.

0/Post a Comment/Comments