Intip, 10 Manfaat Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan Tubuh


Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang wajib tersedia di dapur. Memasak apapun harus menggunakan bawang putih jika tidak, masakan tersebut akan terasa hambar.

Memasak menggunakan bawang putih membuat masakan menjadi lebih lezat dan nikmat. Namun, tahukah kalian jika ternyata mengkonsumsi bawang putih mentah bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bawang putih yang biasa disebut dalam bahasa latin (allium sativum) yang merupakan bahan herbal alami yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Bawang putih bisa dikonsumsi secara mentah ataupun berupa suplemen.

Bawang putih ternyata mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Mari kita simak apa saja manfaat yang di dapat dari mengkonsumsi bawang putih mentah.

Manfaat Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan


1. Untuk Kesehatan Jantung

Siapa sangka mengkonsumsi bawang putih mentah ternyata bisa menyehatkan jantung. Didalam beberapa percobaan menunjukkan bahwa ternyata bawang putih memiliki efek kardioprotektif atau melindungi kesehatan jantung bagi manusia ataupun hewan.

Bagaimana bisa melindungi jantung, bawang putih bekerja untuk mencegah terbentuknya plak didalam pembuluh darah yang terbentuk karena tertumpuknya kolesterol jahat dalam darah.

2. Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi bawang putih mentah dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Bagi mereka yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, jika mengkonsumsi bawang putih mentah bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sekitar 10-15%.

Walaupun bawang putih berperan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat namun bawang putih tidak berpengaruh pada kolesterol baik (HDL) dan kadar lemak dalam darah (trigliserida).

3. Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Selain untuk menurunkan kolesterol jahat, mengkonsumsi bawang putih mentah juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Pada beberapa penelitian menunjukkan jika mengkonsumsi bawang putih mentah mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

4. Untuk Mengobati Diabetes

Bawang putih mentah juga dipercaya mampu mengobati diabetes. Manfaat mengkonsumsi bawang putih mentah untuk penderita diabetes antara lain untuk mencegah infeksi, mengontrol kadar gula darah dan mengurangi efek komplikasi karena diabetes.

5. Sebagai Obat Flue

Kandungan senyawa allicin yang bersifat antimikroba yang terdapat pada bawang putih dipercaya mampu membantu mengatasi sakit flu serta penyakit infeksi lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi bawang putih secara rutin akan sangat jarang terkena sakit flue atau pilek.

Sedangkan jika sudah terkena sakit flu atau pilek segera konsumsi bawang putih mentah karena ini merupakan obat yang sangat manjur dibandingkan dengan obat-obatan yang lain.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan antibakteri yang terdapat pada bawang putih mampu membunuh zat penyebab kanker, menghentikan kinerja zat penyebab kanker, menginduksi kematian sel-sel kanker, serta meningkatkan perbaikan DNA.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin mampu menurunkan resiko terkena penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker lambung, usus besar, kerongkongan dan pankreas.

7. Untuk Kesehatan Tulang

Mengkonsumsi bawang putih mentah juga bisa untuk meningkatkan kesehatan tulang. Pada beberapa penelitian menunjukkan pada wanita yang sudah manopause jika secara rutin mengkonsumsi bawang putih mentah bisa menurunkan tanda-tanda gangguan pada tulang.

Sehingga bawang putih dipercaya mampu memberikan hal baik pada sendi-sendi yang terasa sakit ,kaku atau bengkak.

8. Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Kandungan antibakteri yang terdapat pada bawang putih mampu mencegah bakteri yang menjadi penyebab kerusakan pada gigi.

Selain itu, mengkonsumsi bawang putih mentah juga bisa mengobati masalah infeksi yang terjadi pada mulut. Lebih baik penggunakan bawang putih bersamaan dengan antibiotik.

9. Untuk Mencegah Demensia (Penurunan Daya Ingat)

Kandungan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu membantu menurunkan resiko terkena demensia atau penurunan daya ingat.

10. Mendetoks Racun Logam Berat

Mengkonsumsi bawang putih mentah dapat membantu melindungi tubuh akibat keracunan logam berat. Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mampu mengurangi sampai 19% kadar timbal yang terdapat dalam darah.

Banyak sekali manfaat bawang putih mentah untuk kesehatan dan sudah banyak dibuktikan secara ilmiah. Mengkonsumsi bawang putih bisa menyebabkan bau mulut. Maka harus berhati-hati dalam menggunakannya. Perhatikan dan pastikan mengkonsumsi bawang putih mentah dengan cara yang benar agar tidak menimbulkan bau pada mulut.

Ada sebagian orang yang alergi jika mengkonsumsi bawang putih. Apabila sedang melakukan pengobatan atau alternatif lain lebih baik konsultasi terlebih dahulu dengan dokter dalam hal mengkonsumsi bawang putih mentah ini. Semoga bermanfaat.

0/Post a Comment/Comments