Cara Menjaga Kesehatan Jantung Cukup 30 Menit Sehari

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

IDWARTA.com - Menjaga kesehatan jantung itu sangat penting. Salah satunya bisa dilakukan dengan cara mengecek secara berkala kesehatan jantung. Penyakit jantung dan stroke masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi nomor satu di dunia. Sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya yang meninggal dunia disebabkan karena penyakit jantung. Menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia, sebaiknya sebagai masyarakat berupaya untuk melakukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi suatu hal yang tidak di inginkan.

Kent L. Bradley selaku Vice President, Medical Affairs Nutrition Education Herbalife, mengatakan selain fakta penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu, hal lain yang perlu menjadi perhatian adalah setengah dari kasus penyakit jantung terjadi di Asia.

" Prevalensi penyakit jantung pada populasi orang dewasa di negara maju terus meningkat seiring bertambah tua populasi masyarakatnya", ujar Kent L Brandley.

Pada suatu penelitian yang dilakukan oleh National University Heart Centre Singapore dan National Heart Centre Singapore mengatakan bahwa orang Asia bisa mengalami penyakit jantung 10 tahun lebih muda di bandingkan dengan orang yang berada pada bumi bagian barat.

Pasien Filipina yang terkena penyakit jantung rata-rata dari usia termuda yaitu 54 tahun jika dibandingkan dengan negara Asia lainnya yaitu Indonesia 56 tahun, Korea Selatan 63 tahun, Taiwan 63 tahun, Jepang 65 tahun, Hongkong 68 tahun, dan Eropa 71 tahun.

Agar supaya jantung kita tetap sehat ada beberapa cara menjaga kesehatan jantung, mari kita simak tips di bawah ini:

5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung


1. Membiasakan hidup sehat

Membiasakan hidup sehat dengan mengurangi kebiasaan merokok. Membiasakan untuk tidak merokok menjadi salah satu cara menjaga kesehatan jantung. Karena dengan merokok dapat merusak lapisan pembuluh arteri sehingga menyebabkan penumpukan lemak (atheroma) dan terjadi penyempitan pada pembuluh darah, biasanya ditandai dengan gejala nyeri pada dada.

2. Mengetahui kondisi kesehatan

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung yaitu mengetahui kondisi kesehatan. Ini bisa dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan atau pengecekan kesehatan secara rutin ke dokter. Memberikan jadwal paling tidak setahun sekali untuk pemeriksaan medis yang lengkap. Atau bisa juga datang ke klinik kesehatan terdekat untuk memeriksa kondisi kesehatan secara teratur.

Harus di ingat bahwa tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung. Maka sangat penting untuk melakukan pengecekan tekanan darah secara rutin. Jika ini dibiarkan dan tidak segera diobati kemungkinan terkena risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Diet untuk kesehatan jantung

Menurut Nutrisi dari Herbalife, kalori yang ideal terdiri dari 40% karbohidrat, 30% protein, 30% lemak sehat dan 25 gram serat serta minum air putih minimal 8 gelas perhari untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Cara menjaga kesehatan jantung, dapat dilakukan dengan diet atau menjaga pola makan yang sehat seperti makan sayuran, buah-buahan segar, biji-bijian serta kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Ada beberapa pilihan makanan yang disarankan untuk mengurangi risiko penyakit jantung misalnya seperti kedelai, kenari, biji labu, salmon dan tuna yang kaya akan asam lemak dan omega-3.

Ikan yang mengandung omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

4. Berolahraga

Berolahraga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan membentuk tubuh ideal serta dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu pembuluh darah menjadi lebih rileks, sehingga darah dapat mengalir lebih efisien dan jantung menjadi lebih sehat.

Berolahraga secara rutin dapat dilakukan setiap hari atau satu minggu tiga kali, tidak harus berolahraga yang berat, setidaknya berjalan kaki minimal 30 menit.

5. Kurangi stres

Stres yang berat dapat menyebabkan risiko penyakit jantung. Karena stres berarti adanya tekanan pada fikiran sehingga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, atau biasanya kalo stres menjadi merokok lebih dari biasanya dan kurang berolahraga serta makan yang berlebih.

Orang yang memiliki tingkat stres yang rendah akan cenderung lebih suka berolahraga dan makan dalam porsi yang baik dan tidak berlebih, melakukan kegiatan yang menyenangkan dan meluangkan waktu untuk bersantai, hal ini sangat penting dan mempengaruhi kesehatan jantung. Sedangkan orang yang memiliki tingkat stres cenderung tinggi dapat mempengaruhi tingkat kadar hormon kortisol dan adrenalin yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Kent L. Bradley berpendapat, " Pada akhirnya, mengadopsi gaya hidup sehat dan aktif bisa sangat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Jika anda belum memulai, sekaranglah saatnya untuk memasukkan satu atau lebih tips di atas ke dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga jantung anda tetap kuat sekarang dan dalam beberapa dekade mendatang".

Demikian beberapa cara untuk menjaga kesehatan jantung yang mudah dan aman, semoga bermanfaat.

0/Post a Comment/Comments