5 Cara Kredit Rumah Murah Tanpa Riba

IDWARTA.com - Mempunyai sebuah rumah merupakan impian setiap orang. Bahkan banyak orang rela membeli rumah dengan cara mencicil hingga puluhan tahun lamanya. Namun, kebanyakan orang muslim takut mengambil pilihan kredit rumah atau lebih dikenal dengan KPR. Hal ini dikarenakan kabarnya KPR itu salah satu skema yang di anggap riba oleh mereka. Lantas, beli rumahnya kapan? kalau mengambil langkah KPR saja tidak mau.

Berikut ini 5 cara kredit rumah murah tanpa melewati skema yang kebanyakan di anggap sebagai riba, yuk simak di bawah ini.


1. Pilih Cicilan Rumah Murah Tanpa Bank

Kredit Rumah Murah Tanpa Bank

Untuk kalian sobat idwarta tercinta yang ingin beli rumah rumah dengan cara mencicil tanpa terjebak riba. Ada cara yang perlu kalian tempuh, yaitu memilih pengembang yang menawarkan rumah tanpa melalui cicilan di berbagai bank pilihan.

Developer Property Syariah Indonesia (DPSI) salah satunya. DPSI merupakan pengembang yang bergerak di bidang property perumahan syariah, yang mana metode mengembangkan perumahan yang di bangun ini tanpa cicilan bank. Maka kalian bisa beli rumah murah secara langsung dengan mencicil ke pengembang tersebut. Bagaimana bisa membayangkan metode DPSI ini?

Namun untuk cicilan rumah murah dari pengembang ini juga punya jangka waktu yang cukup lama bisa 10 tahun hingga 15 tahun. Sama seperti bank pada umumnya.

Jangan lupa sebelum memutuskan kredit rumah rumah melalui pengembang, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu perumahan itu dikembangkan oleh anggota DPSI apa bukan? hal ini untuk memastikan saja fasilitas cicilan tanpa bank. Setelah itu pilih pengembang DPSI yang punya kredibilitas baik dan rekam jejak yang bagus.

2. Pilih Kredit Pemilikan Rumah Syariah

Developer Property Syariah Indonesia

Selain cara memilih beli rumah secara langsung ke pengembang DPSI, kalian bisa pilih metode beli rumah murah dengan memakai KPR Syariah.

Ada beberapa pilihan jenis kredit rumah syariah yang bisa kalian pilih sesuai keinginan. Seperti contoh akad murabahah atau dikenal dengan istilah akad jual beli rumah, dan akad ijarah muntahia bittamlik atau dikenal dengan akad sewa beli rumah.

Bahkan kalian sobat idwarta bisa menggunakan KPR Syariah dengan metode akad musyawarah mutanaqisah atau dikenal dengan akad kepemilikan bertahap. Ada pula cara akad istishna atau dikenal dengan pembiayaan rumah dengan cara tujuan inden terlebih dahulu. Bagaimana pilih jenis kredit rumah syariah yang mana? Yuk jawab di kolom komentar.

3. Pilih Skema Pembelian Rumah Secara Bertahap

kredit rumah secara bertahap tunai

Cara membeli rumah murah tanpa riba selanjutnya ialah dengan cara pilih skema pembelian rumah secara bertahap. Maksudnya ialah beli rumah tanpa riba yang proses pembelian secara tunai bertahap. Skema ini juga banyak di tawarkan oleh para pengembang yang menggunakan konsep jual beli rumah tanpa riba.

Semisalnya, kalian tertarik membeli rumah seharga Rp 250 juta yang di tawarkan pihak pengembang. Selanjutnya kalian langsung musyawarah untuk hasil kesepakatan dengan pengembang untuk membeli rumah tersebut secara bertahap selama 36 bulan atau lebih.

Maka, estimasi tunai bertahap yang kalian sediakan setiap bulannya berkisar Rp 6,94 juta selama 36 bulan. Sebenarnya cara ini mirip skema cicilan pada umumnya. Namun bedanya mempunyai periode pembayaran secara tunai bertahap dan lebih pendek jangka waktunya serta tanpa adanya bunga.

4. Pilih Beli Rumah Murah Secara Tunai

Membeli rumah murah syariah secara tunai

Berbeda dengan cara nomor 3 di atas, kali ini membeli rumah murah secara tunai langsung tanpa di cicil kepada pengembang yang bersangkutan.

Tapi diketahui harga rumah murah saat ini bukan main mahalnya, sekitar Rp 200 juta. Maka bagi kalian yang memiliki uang tabungan senilai Rp 200 juta langsung beli rumah secara tunai saja. Hal ini pasti salah satu beli rumah tanpa riba.

Namun, kuncinya membeli rumah harus sesuai dengan tipe yang dikehendaki, lokasi yang di inginkan dan budget yang memadahi.

Lantas, bagaimana apabila tabungan tidak mencukupi alias tidak punya duit?

Saran yang tepat yaitu hanya perlu bersabar buat punya rumah, ibaratnya pasti ada jalan menuju roma bila dilakukan dengan sungguh-sungguh. Entah dengan cara menabung atau investasi dahulu. Baik itu investasi emas, reksadana syariah atau lain sebagainya.

5. Memilih Menjadi Agen atau Sales Perumahan Syariah


Banyak orang yang belum mengetahui bahwa para pengembang perumahan ada yang menerapkan kebijakan bonus yang menarik bagi agen atau sales rumah syariah.

Sebagai contoh pengembang memberikan fee sebesar 3 persen untuk sales perumahan yang berhasil menjual rumah. Maka coba anda hitung bila bisa menjual rumah sebanyak 25 unit dengan harga per unit Rp 200 juta, estimasi yang anda dapatkan mencapai Rp 150 juta.

Berikut perhitungannya, 200.000.000 x 3% = 6.000.000 per unit, bila menjual 25 unit maka 6.000.000 x 25 = 150.000.000. Bagaimana tertarik untuk menjadi sales perumahan untuk modal beli rumah impian?

Tapi ada pula pengembang yang menawarkan bonus spesial pada sales atau agen perumahan bila bisa menjual rumah dengan jumlah tertentu serta dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Semisal harus bila menjual rumah sebanyak 40 unit dalam waktu 1 bulan. Akan diberi bonus spesial seperti satu unit rumah untuk di tempati sales tersebut. Menarik sekali bukan?

Nah, itulah 5 cara beli rumah murah syariah tanpa riba. Semoga ulasan di atas bisa membuat anda berangan-angan memilih metode yang cocok untuk beli rumah tanpa takut ada skema riba. Tapi ada pula beberapa orang muslim yang tak mempermasalahkan soal skema pembelian rumah. Namun bila anti riba, justu unsur riba menjadi penting dan benar-benar perlu dihindari.

Jadi, bagaimana sudah siap beli rumah sekarang? Yuk diskusi di kolom komentar.

0/Post a Comment/Comments