Ketahuilah, Apa Saja 10 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh


Tomat merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Buah tomat sangat gampang ditemui dimana saja. Tomat bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau dimakan langsung, kadang juga dibuat campuran berbagai macam olahan sambal.

Kandungan vitamin yang terdapat pada buah tomat antara lain yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, folat, karotenoid serta kandungan mineral yang tinggi. Kandungan zat likopen yang terdapat pada buah tomat mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Mari kita simak apa saja manfaat tomat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh


1. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan kalium dan likopen yang terdapat pada tomat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat serta membantu menjaga kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat secara rutin mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Selain itu, nutrisi pada tomat mampu mengurangi peradangan akibat serangan jantung.

2. Mengatasi Masalah Sembelit

Manfaat tomat untuk kesehatan selanjutnya yaitu mengatasi masalah sembelit. Kandungan serat tinggi yang terdapat pada tomat mampu mengatasi masalah sembelit dan melancarkan buang air besar.

3. Menurunkan Berat Badan

Tomat merupakan buah yang sangat cocok untuk kalian yang sedang menjalani program diet. Karena jika mengkonsumsi tomat akan menurunkan hormon ghrelin yang berfungsi menurunkan nafsu makan. Mengkonsumsi tomat secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan sehingga tubuh menjadi langsing.

4. Mengobati Keseleo Pada Sendi

Manfaat tomat selanjutnya yaitu bisa mengobati keseleo pada sendi. Caranya jus tomat campur dengan minyak wijen kemudian panaskan sampai menyusut atau menjadi berminyak. Lalu minyak tersebut dioles-oleskan atau untuk memijit bagian sendi yang keseleo.

5. Untuk Kesehatan Mata

Kandungan beta karoten yang terdapat pada tomat dapat meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, kandungan vitamin A pada tomat dapat menjaga produktivitas retina didalam pencahayaan yang gelap atau kurang terang.

6. Mengobati Bisul

Manfaat tomat selanjutnya yaitu dapat mengobati bisul. Jarang orang yang tahu tentang tomat dapat mengobati bisul. Caranya yaitu panaskan biji dan daging tomat, kemudian oles-oleskan pada bagian yang terkena bisul dan tunggu beberapa menit.

7. Mencegah Kerusakan Pada Kulit

Kandungan likopen pada tomat berfungsi untuk mencegah kerusakan pada kulit karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari, debu dan polusi. Sehingga mengkonsumsi tomat secara rutin mampu membantu menjaga kulit agar terlihat lebih awet muda, dan mencegah penuaan dini.

8. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat tomat selanjutnya yaitu untuk mencegah penyakit kanker. Mengkonsumsi 10 buah tomat atau lebih dalam seminggu dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Kandungan likopen berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan. Selain itu, tingkatkan gaya hidup yang sehat lakukan olahraga secara teratur.

9. Menurunkan Kolesterol

Minum jus tomat secara rutin 2 cangkir dalam sehari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sebanyak 10%.

10. Mencegah Penyakit Stroke

Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan likopen yang terdapat pada tomat mampu mengurangi atau mencegah resiko terkena penyakit stroke. Karena antioksidan yang cukup tinggi berfungsi untuk mencegah pembekuan darah dan mengurangi peradangan.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari mengkonsumsi buah tomat ini. Tidak ada salahnya mulai sekarang menjadikan tomat sebagai jus dan dijadikan minuman sehari-hari. Semoga bermanfaat.

0/Post a Comment/Comments